Maskot Perpustakaan Tetum Bunaya

Perpustakaan Tetum Bunaya

Pengalaman lain yang tak terlupakan, Alhamdulillah walaupun dari sekolah swasta (peserta dari Swasta sekitar 4 orang, dan yang lain PNS dibiayai oleh APBD) saya di beri kesempatan oleh Yayasan Dayabunaya untuk mengikuti Pelatihan Pengenalan Perpustakan angkatan X yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diikuti oleh 40 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.
Ketika mendapatkan surat tugas bersama Kak Endah mengikuti pelatihan, Waw 5 hari menginap di Hotel Grand City, Jakarta Pusat dari Tanggal 11 sampai 15 April 2016, dan selama pelatihan memakai seragam hitam putih,oh ternyata dengan seragam membuat kita sama baik itu peserta dari Jakarta maupun Papua. Mulai hari pertama materi di sampaikan oleh Widyaiswara, membuat hati ini tertarik mengenal tentang perpustakaan.
Ternyata setelah 5 hari baru pengenalan yang diketahui, masih banyak yang harus dipelajari terkait perpustakaan, saat pelatihan kami dikenalkan dengan sistem Otomasi Perpustakaan,sekarang eranya teknologi informasi dan sudah dipergunakan oleh Perpusnas, tentunya ingin perpustakaan sekolah menggunakan sistem tersebut.
Hal yang pertama saya lakukan adalah mendaftarkan NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) dengan nomor 317409102000002, jadi perpustakaan sekolah Tetum Bunaya saat ini sudah terdaftar, saya bangga dong.
Di bulan Juni 2016, saya diperkenalkan kepada pustakawan lulusan UIN yang akan melakukan sistem otomasi untuk perpustakaan sekolah. Setelah disetujui oleh pihak Yayasan, kami pun melaksanakan kontrak, mereka menggunakan Slims (Senayan Library Management System).

whatsapp-image-2016-09-14-at-1-26-48-pm

Kontrak kerja sama

Hari Sabtu, 04 Juni 2016 kami mulai bekerja. Kak Ibnu Fathkan pustakawan di Kementrian Kelautan Republik Indonesia, dan Kak Bintang pustakawan program magister UHAMKA, Dijadwalkan setiap hari Sabtu dan Minggu untuk melakukan pendataan di sekolah Tetum, berlanjut libur puasa, saya pun ikut mendampingi, terkadang mereka membawa tim yang lain hingga 4 sampai 5 orang untuk menginput data, memberi label, membuat barcode hingga saving.
Bulan Agustus 2016 diperkirakan selesai, ternyata belum siap. Jumlah buku hampir 1000 buku, saya pun beradaptasi saat bekerja dengan mahasiswa yang baru lulus dan masih muda. Mereka bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya sampai bergadang dan menginap di perpustakaan sekolah.
Untuk mendukung perpustakaan, pihak Yayasan menyiapkan sarananya dengan ukuran tempat sesuai dengan standar dan menghubungi partisi yang terbaik hingga perpustakaan menjadi lebih baik dan nyaman sebagai pendukung kegiatan akademik. Dibantu Kak Bintang untuk membuat Mural perpustakaan, “jadi lebih kereen” kata adik-adik.
Beberapa adik datang kepada kami, kapan perpustakaannya di buka? jawabnnya “sabar dan sabar lagi..”

Mural perpustakaan Tetum Bunaya

Mural perpustakaan Tetum Bunaya

Salah satu adik mengatakan “pastinya keren kita sebagai sekolah pertama di Jagakarsa yang menggunakan sistem online”.

Display di perpustakaan Tetum Bunaya

Display di perpustakaan Tetum Bunaya

Alhamduilllah, Puji Syukur kami panjatkan karena tanggal yang ditunggu tunggu datang juga…
Senin, 29 Agustus 2016, soft launching Pustaka Merdeka
Tak sabar rasanya menantikan adik – adik
Kami berhias, masuk ke dalam disambut dengan tanaman yang cantik, kemudian tidak kalah menarik kakak-kakak turut serta mendukung dengan mengenakan atribut yang kami buat khusus untuk hari ini, menggunakan pin dan celemek yang bertuliskan http://perpustakaansekolahtetum.org Bangun Bersama yang mengandung arti : Pinjam, rawat, kembalikan, dan donasi .

mencari-buku-berdasarkan-nomor-panggil

Mencari buku berdasarkan nomor panggil

Untuk hari pertama kelas yang beruntung adalah kelas Mars mendapatkan kesempatan untuk berkunjung , tim perpustakaan menyambut dengan wajah senyum dan cantik, sedikit upacara kecil pintu masuk di hias menggunakan celemek dan di buka oleh salah satu adik kelas Mars.

Upacara kecil

Upacara kecil

Saat masuk ada sosialisasi tentang perpustakaan lebih dahulu, di dalam perpustakaan sudah kami sediakan meja sirkulasi, meja operator dan buku-buku tentunya.

Sebelum mendaftar adik – adik mencoba mencari buku melalui OPAC (Online Public Accsess Catalog) yang fungsinya untuk mencari nomor panggil atau klasifikasi buku, terlihat sekali keantusiasan mereka saat mencobanya.

Mendaftar menjadi anggota perpustakaan Tetum Bunaya

Mendaftar menjadi anggota perpustakaan Tetum Bunaya

Lalu adik-adik diberikan kesempatan untuk mendaftar menjadi anggota perpustakaan dengan cara mengisi biodata pribadi mereka masing-masing,setelah selesai kami berkumpul di lingkaran dan beberapa komentar pun muncul dari adik-adik, mereka bilang perpustakaan ini keren, seru, bagus dan lain daripada yang lain.

Keceriaan adik-adik saat-berkunjung ke perpustakaan tetum bunaya

Keceriaan adik-adik saat-berkunjung ke perpustakaan tetum bunaya

Dan soft launching hari ini selesai, hari yang sibuk untuk tim perpustakaan, tapi sangat menyenangkan dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Open chat