Agustus Samudra

Agustus Samudra

Wah… tak terasa ya masa adaptasi telah berlalu. Setelah melewati masa adaptasi di bulan Juli,  Adik-adik mulai terbiasa dengan kegiatan yang padat dengan pulang siang dan tetap semangat  melakukan kegiatan. Di awal bulan Agustus, kelas Bumi telah memasuki masa aktif belajar tahun ajaran 2016-2017.  Mulai bulan ini jadwal sekolah sudah normal yaitu: Senin-Kamis pukul 07.30 – 12.30 dan di hari Jumat pukul 07.30 – 11.00.

Bulan Agustus, kelas Bumi Samudra mengambil tema Aku dan Sekolahku.  Adik-adik telah belajar dengan semangat mengenal lingkungan sekolah, melakukan kegiatan di sekolah dan mengenal peran di dalam sekolah. Bulan ini Adik-adik juga merayakan Hari Pramuka dan Kemerdekaan RI dengan Upacara Bendera yang dilaksanakan di lapangan sekolah. Banyak pelajaran yang didapat pada bulan ini sehingga membuat Adik-adik lebih bangga terhadap Sekolah tempat mereka belajar.

Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia

Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia

Rutinitas pagi berjalan dengan hikmat. Dari menyimpan sepatu, menulis absen, menyimpan buku penghubung dan jurnal. Kegiatan berjalan teratur dengan inisiatif mereka sendiri. Setelah selesai, adik-adik bergegas mengambil air wudhu dan melakukan shalat duha. Dengan hikmat mereka menjalankan shalat sunah dua rakaat. Setelah selesai mereka bergegas menuju mushola untuk mengaji dan dapat bermain bebas di lapangan.

Kegiatan Shalat Dhuha

Kegiatan Shalat Duha

Kegiatan diawali dengan brain gym yang di lakukan di lingkaran, kegiatan di pimpin oleh salah satu adik yang biasa disebut  Leader of the Week. Setelah brain gym, silent games dan absen, dilanjutkan dengan doa dan piket kelas.

Dalam kegiatan Agama di hari pertama masa aktif belajar, Kak Samsul bertanya pada Adik-adik tentang materi apa yang sudah dipelajari di kelas sebelumnya dan materi apa yang ingin diketahui oleh Adik-adik di pelajaran Agama. Banyak hal menarik dari adik-adik yang ingin mereka ketahui. Minggu ini, Kak Samsul mengajak berkeliling lingkungan sekolah.  Adik-adik ditugaskan untuk mencari binatang dan nama-nama binatang yang ada di dalam Al Quran. Setelah mendapatkan atau melihat, Adik-adik segera menggambar dan menulisnya.

Saat pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), Adik-adik mengenal sekolahnya dengan cara menggambar lingkungan sekolah. Sebelumnya Adik-adik di ajak berkeliling lingkungan sekolah, baik di dalam atau di luar kelas. Setelah selesai menggambar, setiap adik memberikan apresiasi terhadap karya yang sudah di buatnya dengan menempelkan post it pada gambar yang dibuat. Banyak pelajaran yang di dapat bagimana adik-adik menghargai karya orang lain dengan memberikan komentar yang positif terhadap karya yang dibuat.

Kegiatan SBK

Kegiatan SBK

Pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bumi Samudra belajar tentang aturan atau norma-norma. Adik-adik diajak berjalan-jalan keliling sekitar jalan timbul untuk mengamati dan mencari norma-norma tertulis yang terpasang di tembok atau di pinggir jalan. Salah satu norma tidak tertulis adalah sopan santun, sedangkan norma tertulis adalah norma hukum. Banyak pertanyaan yang adik-adik ajukan saat melakukan keliling sekitar jalan timbul.

Mengenal Norma Tertulis

Mengenal Norma Tertulis

Adik-adik belajar Matematika, wah… seru saat pelajaran ini, Kak Lely dan Kak Uchi mengajak adik-adik mengenal garis bilangan dari benda-benda di sekitar yang memiliki garis bilangan dan menyebutkan fungsi garis bilangan. Pada pelajaran IPA, adik-adik mengenal ciri-ciri makhluk hidup, membuat mind map makhluk hidup, mengenal alat pernafasan manusia, hewan, dan tumbuhan. Adik- adik juga mengenal makhluk hidup yang bergerak, tumbuh dan hidupnya berkembang biak.

Matematika "Membuat Garis Bilangan"

Matematika “Membuat Garis Bilangan”

Kegiatan IPA

Kegiatan IPA

Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Adik-adik di ajak mengamati lingkungan sekitar sekolah, mengenalkan lingkungan alam di sekitar sekolah, dan menjelaskan lingkungan alam bagi kesehatan manusia. Saat pelajaran Olahraga, Adik-adik diajak berlari mengelilingi lingkungan sekitar sekolah, melakukan lompat ke depan dan ke belakang, melompat ke samping kanan dan ke kiri, dan melompat ke segala arah. Mereka juga melakukan gerakkan lari cepat dalam bentuk lomba. Kegiatan ini dilakukan dengan penuh semangat.

Kegiatan Olahraga

Kegiatan Olahraga

Selain kegiatan upacara bendera di bulan Agustus ini Adik-adik mendapat kesempatan untuk berkunjung ke perpustakaan Tetum Bunaya. Adik-adik merasa gembira ketika pembukaan perpustakaan dan mendaftar menjadi anggota perpustakaan. Jika sudah mendaftar Adik-adik akan mendapatkan kartu anggota yang memiliki barcode yang mempermudah untuk meminjam buku. Adik-adik juga berkesempatan mencari buku dengan sistem otomasi dan dapat mencari judul buku secara online.

Pendaftaran Keanggotaan Perpustakaan

Pendaftaran Keanggotaan Perpustakaan

Kegembiraan dan semangat membuat bulan ini penuh dengan warna dan siap menyambut kegiatan di bulan September yang ceria.

Ditulis oleh

Ikhwan Indra Permana (Kak Ikhwan)

Open chat