img_1544

Kegiatan Membeli Hewan Kurban Merkurius Jingga

“Kak aku mau membeli kambing untuk kurban di sekolah, tapi kata Papi belinya hari sabtu”, sahut seorang adik saat duduk bersama di lingkaran. Kalimat itu membuka percakapan diantara adik-adik tentang pengalamannya masing-masing terkait kegiatan Idul Adha. Memang di hari itu Rabu, 7 September adik-adik Merkurius dijadwalkan untuk membeli kambing dan Kakak menyampaikan bahwa kegiatan membeli kambingnya tidak di hari sabtu akan tetapi dilaksakan di hari itu dan membelinya bersama-sama kelas Merkurius Abu-Abu, dengan penuh semangat adik-adik kompak bersorak “Horeeeeeee!!!!”. Tentunya banyak pertanyaan yang keluar dari diri adik-adik. “Kapan Kak kita beli kambingnya? Sekarang? Siang? Kapan Kaaakk?” bahkan sebagian adik memberikan masukan untuk temannya yang berkurban di sekolah untuk memilih hewan kurban yang besar saat membeli hewan kurbannya nanti.

Setelah kegiatan Pramuka dan makan bekal adik-adik terlihat tidak sabar untuk segera mengantar temannya membeli hewan kurban. Keceriaan sangat terasa sekali menjelang membeli hewan kurban. Dengan tertib adik-adik berbaris untuk bersiap membeli hewan kurban, dan berjalan dengan tenang menuju penjualan hewan kurban yang berada di Jl. Timbul IV B.

Sesampainya disana adik-adik terlihat antusias untuk memberi makan kambing. Mereka mendekat dari satu kambing ke kambing yang lainnya berusaha memberi makan. Setelah itu salah satu adik yang membeli kambing dipersilahkan untuk melihat kambing-kambingnya dan memilih salah satu yang akan Ia beli. “Aku mau beli kambing yang ini yang cokelat aja Kak” kata adik yang berkurban di sekolah.

img_1489

Memilih kambing saat membeli

Kemudian setelah memilih adik-adik Merkurius diminta untuk berbaris kembali untuk menyerahkan uang kepada penjual hewan kurban tersebut. Dengan tenang adik-adik berbaris memegang uang dan bergantian memberikannya pada penjual diawali oleh adik yang membeli hewan kurban.

img_2267

Transaksi membeli kambing

Setelah itu adik-adik membawa kambing yang sudah dibeli ke halaman gedung Kelompok Bermain. Disana adik-adik kembali riuh karena ada beberapa kambing lainnya. “Kakak makanan yang aku dimakan kambing itu” kata salah satu adik. Setelah waktu kegiatan habis adik-adik diajak kembali ke kelas.

img_1562

Memberi makan kambing

Di kelas adik-adik terlihat senang dengan kegiatan yang telah dilakukan dan saat Kakak bertanya tentang perasaannya hari ini adik-adik menjawab serempak “Senaaaaaang” dan tiba-tiba salah satu adik berkata, “Kak aku juga mau beli kambing di sekolah” dengan kompak adik-adik bersorak kembali “Horeeeee!!” “Asyik..kita beli kambing lagi” sambung salah satu adik dan Kakak mengingatkan adik-adik yang ingin berkurban di sekolah agar Ayah Bundanya menghubungi pihak sekolah.

Sebelum pulang ada adik yang bertanya pada Kakak, “Kak, boleh gak besok aku kasih makan kambing aku lagi?” dan adik lain menimpali, ”Aku juga mau kasih makan kambing lagi Kak, boleh gak?”, ketika Kakak mengiyakan adik-adik terlihat begitu senang bahkan mereka berniat untuk datang lebih pagi di hari esok.

Keesokannya, hampir semua adik di kelas Merkurius Jingga datang pagi dan bersemangat sekali melakukan rutinitas pagi. Setelah itu mereka izin pada Kakak untuk memberi makan kambing temannya di gedung Kelompok Bermain dan Kakak mengantar mereka untuk memberi makan kambing.

Di hari Jumat, 9 September adik-adik kembali bersorak ramai karena hari itu adik-adik dijadwalkan kembali untuk membeli hewan kurban yang kedua kalinya milik salah satu temannya lagi. Adik-adik terlihat senang dan kali ini adik-adik membeli hewan kurbannya lebih jauh yaitu di Posyandu Jalan Timbul. Di tempat penjualan hewan kurban yang kedua ini kambingnya lebih banyak dan beragam, ada kambing dan ada juga domba sehingga adik-adik dapat membedakan antara kambing dan domba mulai dari bulu, bentuk, dan suaranya.

img_2240

Memberi makan domba

Setelah itu adik yang membeli hewan kurban diajak oleh Kakak untuk memilih mana yang akan ia beli dan ia memutuskan untuk membeli kambing berwarna putih. Lalu adik-adik kembali berbaris untuk melakukan transaksi. Sebelum memberikan uangnya adik-adik bertanya pada penjual tentang harga kambingnya hingga jenis kelamin dari kambing yang dijual disana. Selesai melakukan transaksi adik-adik kembali pulang membawa kambingnya ke gedung KB dan mereka tetap semangat memberi makan kambing.

a7

Membawa kambing ke sekolah

img_2249

Memberi makan kambing

Kegiatan selanjutnya di hari itu adik-adik juga mengantar temannya untuk menyerahkan kambingnya ke  masjid At Taubah untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha tanggal 12 September.

img_2439

Menyerahkan kambing kepada panitia kurban

Alhamdulillah di tahun ini kelas Merkurius Jingga memiliki 2 kambing. Dari 2 kambing tersebut adik-adik belajar banyak hal mulai dari mengenal hewan kurban, mengamati anggota tubuh kambing, memberi makan kambing dan membelinya secara langsung yang tentunya ini dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi adik-adik.

 

Ditulis oleh Kak Indri/Indriani

Open chat