Kegiatan membeli hewan kurban

Kegiatan membeli hewan kurban

Bulan September kali ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, Adik-adik menyambut kegiatan tersebut dengan ceria. Sekolah Tetum Bunaya memiliki beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha. Kegiatan di Sekolah Tetum Bunaya antara lain adalah membeli hewan kurban dan kegiatan memasak dengan menggunakan bahan utama dari hewan kurban.

Berbeda dengan sekolah pada umumnya, di Sekolah Tetum Bunaya Adik-adik selain dapat berkurban di sekolah, Adik-adik juga dapat membeli langsung hewan kurban tersebut. Tujuan dari kegiatan tersebut antara lain diharapkan Adik-adik dapat mengenal proses jual beli dan berinteraksi langsung dengan penjual. Adik-adik dapat bertanya apa saja kepada penjual dan memilih langsung hewan kurban.

Bermain bersama hewan kurban

Bermain bersama hewan kurban

Hari kamis (8/09/16) Adik-adik Yupiter berkesempatan ikut membeli hewan kurban bersama kelas Saturnus. Adik-adik ikut berjalan ke tempat penjual kambing yang jaraknya cukup jauh dari sekolah. Selama dalam perjalanan, Adik-adik bercerita tentang pengalaman mereka dengan hewan kurban. Tawa dan keseruan mengiringi langkah mereka menuju tempat penjual hewan kurban.

Berinteraksi langsung dengan hewan kurban

Berinteraksi langsung dengan hewan kurban

Sesampainya di tempat kurban, aroma kambing yang khas serta tempat yang kecil sudah menyambut mereka. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurungkan semangat mereka untuk melihat hewan kurban. Beberapa adik ada yang terlihat jijik namun ia memberanikan diri untuk menyentuh hewan kurban.

Tidak sedikit pula Adik-adik yang langsung bermain dengan hewan kurban tersebut, ada yang bermain dengan tanduk kambing, ada pula yang langsung mencoba memberi makan kambing-kambing yang ada di tempat penjual tersebut.

Membeli hewan kurban

Membeli hewan kurban

Setelah melihat beberapa kambing akhirnya dengan ditemani guru agama, Adik-adik membeli hewan kurban. Adik-adik juga sempat berdialog dengan penjual. Penjual dengan ramah menjawab semua pertanyaan Adik-adik.

Hewan kurban akhirnya dibawa ke sekolah, selama perjalanan Adik-adik mengamati perilaku hewan kambing tersebut. Masih ada beberapa adik yang terlihat takut saat menggiring hewan kurban tersebut ke sekolah.

Perjalanan membawa pulang hewan kurban

Perjalanan membawa pulang hewan kurban

Hewan kurban tersebut di kandangkan di kebun Kelompok Bermain. Selama di sana, Adik-adik dapat memberi makan dan berinteraksi dengan hewan kurban. Adik-adik merasa senang bisa mengenal lebih dan mengetahui proses membeli hewan kurban.

Kegiatan memasak di kelas Yupiter

Kegiatan memasak di kelas Yupiter

Selain membeli hewan kurban, Adik-adik juga berkegiatan mengolah daging kurban. Pada kesempatan memasak memasak kali ini, Adik-adik Yupiter membuat Martabak Daging. Adik-adik menyambut baik kegiatan memasak. Pertama Adik-adik dikenalkan dengan bahan serta alat-alat untuk membuat Martabak. Kemudian Adik-adik diajak untuk mengidentifikasi kandungan apa saja yang terdapat dalam bahan-bahan tersebut. Bahan-bahan pembuatan Martabak antara lain, kulit martabak, daging, daun bawang, bawang Bombay, dan juga telur.

Memotong bahan-bahan

Memotong bahan-bahan

Seletah mengenal dan mengidentifikasi bahan-bahan tersebut, Adik-adik memotong daun bawang, bawang bonbay serta daging. Setelah bahan-bahan tersebut di potong-potong, bahan tersebut ditumis dengan minyak panas dan bawang putih.

Isian martabak daging

Isian martabak daging

Bahan-bahan tumisan tersebut setelah matang dicampur dengan telur dan dibungkus dengan kulit martabak. Adik-adik senang untuk membuat bentuk martabak mereka sendiri. Ada yang membuat dalam bentuk kotak, segitiga, bahkan ada bentuk yang menyerupai bola.

Kemudian semua adonan yang sudah dibuat digoreng dengan api panas, Adik-adik sabar menunggu hingga semua adonan digoreng semua. Akhirnya Martabak daging kelas Yupiter sudah jadi, Martabak tersebut disantap bersamaan dengan Program Makan Bersama (PMB).

Ditulis oleh : Syaiful Romadhon (Kak Syaiful)

 

Open chat