Karya domba Merkurius Jingga 2016-2017

Karya domba Merkurius Jingga 2016-2017

Tak terasa bulan September yang ceria kini telah berlalu. Banyak kegiatan yang sangat berkesan di Kelas Merkurius Jingga karena kegiatan yang dilakukan di bulan ini sangat seru. Apa saja sih kegiatan bulan September di kelas Merkurius Jingga??

Selama satu bulan ini kegiatan yang dilakukan Adik-adik adalah kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Raya Idul Adha dan Pekan Olahraga Nasional (PON). Semua kegiatan didasarkan pada tema Pola Hidup Sehat yang mencakup kesehatan jasmani dan rohani. Kegiatan pembelajaran dikemas menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi adik-adik.

Di bulan ini ada juga orang tua murid yang menambah keceriaan dengan mengisi kegiatan Parent of The Week di kelas Merkurius Jingga. Kegiatannya yaitu membuat nugget. Adik-adik sangat senang setiap kali ada orang tua yang mengisi kegiatan POW.

Kegiatan POW membuat nugget

Kegiatan POW membuat nugget

Kegiatan bulan september juga diawali dengan dibagikannya kartu identitas siswa yang berfungsi juga sebagai kartu perpustakaan dan Adik-adik dijadwalkan untuk berkunjung ke Perpustakaan Sekolah Tetum Bunaya. Saat berkunjung Adik-adik melihat bagaimana ruang perpustakaannya, koleksi buku-buku, cara meminjam dan mengembalikan buku serta diperkenalkan dengan sistem OPAC (Online Public Access Catalog) untuk mengakses buku yang ada di perpustakaan. Wah Adik-adik terlihat nyaman berada di perpustakaan.

Melihat koleksi Perpustakaan Sekolahku

Melihat koleksi Perpustakaan Sekolah

Kerennya Perpustakaan Sekolahku!!

Kerennya Perpustakaan Sekolahku!!

Di kelas, pada kegiatan Agama Adik-adik diperkenalkan pada ciptaan Allah dan rukun iman. Setiap hari Adik-adik Merkurius terlihat senang sekali mendendangkan lagu rukun iman. Di kegiatan IPS Adik-adik bercerita tentang buklet kegiatan Idul Adhanya bersama keluarga. Setiap Adik mendapat giliran maju ke depan untuk bercerita dan saat salah satu maju, Adik-adik yang lainnya menyimak serta berlomba-loba memberikan pertanyaan ataupun merespon dengan memuji temannya tentang buklet yang diceritakan.

Aku berani bercerita di depan teman

Bercerita buklet Idul Adha

Kegiatan PKn Adik-adik belajar merawat tangannya dengan menjalankan aturan mencuci tangan sebelum makan dan belajar sabar saat antri menunggu giliran cuci tangan. Adik-adik diperkenalkan dengan langkah-langkah mencuci tangan menurut standar WHO (World Health Organization). Di kegiatan Bahasa Inggris Adik-adik belajar tentang colors dengan membuat karya berbentuk pelangi.

Aku membuat pelangi

Aku membuat pelangi

Sedangkan pada kegiatan Matematika Adik-adik diajak berkegiatan menghitung jumlah anggota tubuh salah satunya dengan menghitung kemudian mencetak jari tangan mereka dan bermain tapak gunung. Berhubung tema bulan September ini adalah pola hidup sehat maka kegiatan IPA Adik-adik berhubungan dengan tubuhnya sendiri. Adik-adik mengenal anggota dan bagian-bagian tubuhnya bahkan dengan adanya kegiatan Idul Adha, Adik-adik juga belajar mengenal anggota tubuh makhluk lainnya dan bagaimana cara merawatnya. Tidak hanya tubuh manusia saja yang perlu di rawat namun binatangpun perlu dirawat agar tumbuh sehat, hal ini diperkenalkan melalui kegiatan membeli dan merawat hewan kurban sebelum Hari Raya Idul Adha.

Jari tanganku

Jari tanganku

Memberi makan hewan kurban

Memberi makan hewan kurban

Setelah Adik-adik ikut serta merayakan Hari Raya Idul Adha, Adik-adik diajak bersama-sama memasak daging hewan kurban yaitu memasak Beef Teriyaki. Memasak ini merupakan salah satu kegiatan B. Indosesia yang paling menyenangkan di bulan ini karena Adik-adik dapat mengenal kosa kata dari nama bahan-bahan untuk memasak Beef Teriyaki serta memahami sebuah perintah sederhana atau instruksi dalam tahapan memasak. Mereka terlihat menikmati kegiatan dan lahap menyantap Beef Teriyaki yang dimasak bersama. Adik-adik juga belajar menulis dengan menuliskan nama-nama benda di lingkungan kelas.

Memasak Beef Teriyaki

Memasak Beef Teriyaki

Tidak kalah seru dengan kegiatan-kegiatan di atas, pada kegiatan Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)  Adik-adik juga membuat miniatur domba. Kegiatan ini telah ditunggu-tunggu Adik-adik Merkurius Jingga sejak awal kegiatan di bulan September. “Kak, kapan kita buat dombanya?” tanya Adik-adik setiap hari Rabu pagi. Tak ada satu Adikpun yang tidak bersemangat saat membuat miniatur domba ini bahkan mereka tidak sabar ingin segera membawa pulang hasil karyanya. Adik-adik dengan sabar mengikuti setiap tahapan kegiatan membuat miniatur domba. Di kegiatan Pramuka Adik Adik-adik mengenal pohon kelapa dan diajak mencari jejak sambil menghitung pohon kelapa yang ada di lingkungan dekat sekolah.

img_7795

Membuat miniatur domba

Terakhir kegiatan yang paling seru di bulan ini yaitu kegiatan Olahraga. Dalam memeriahkan PON Kakak-kakak mengadakan kegiatan POTB (Pekan Olahtaga Tetum Bunaya) yang diikuti oleh seluruh kelas. Alhamdulillah semua Adik-adik Merkurius Jingga ikut serta terlibat dan mereka terlihat antusias, percaya diri, bangga pada diri sendiri serta sportif dalam pertandingan bola tangan, lari estafet dan lari halang rintang hingga akhirnya kelas Merkurius Jingga menjadi juara kategori “Kelas Ceria” pada kegiatan POTB.

Juara kategori Kelas Ceria dalam kegiatan PPOTB 2016

Juara kategori Kelas Ceria 

 

Ditulis oleh Kak Indri/Indriani

Open chat