September Bumi Benua

September Bumi Benua

Wah tidak terasa bulan September telah selesai. Adik-adik melakukan kegiatan hari-hari dengan semangat dan ceria. Tema pada bulan September ini adalah Pola Hidup Sehat. Tema ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha dan Pekan Olahraga Nasional (PON). Diharapkan Adik-adik dapat memperingati peristiwa kurban, menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, mengenal makanan sehat serta menjaga kebugaran dengan berolahraga, sehingga tercipta perilaku hidup sehat. Ada banyak kegiatan yang dilakukan pada bulan ini seperti membeli hewan kurban, memasak, dan Pekan Olahraga Tetum Bunaya (POTB).

Pada  hari Senin tanggal 12 September 2016 merupakan Hari Raya Idul Adha 1437 H, Sekolah Tetum Bunaya ikut memeriahkan perayaan Kurban ini dengan menyalurkan dan menerima hewan kurban dari orang tua, Adik-adik, Kakak-kakak, dan karyawan. Sebelumnya Adik-adik kelas Bumi Benua pun ikut pastipasi, mulai dari mengunjungi tempat pembelian hewan kurban, membeli hewan kurban (kambing) bersama, mengantarkan hewan kurban ke Masjid At Taubah. Kambing yang kelas Bumi pilih adalah kurban dari salah satu Kakak di Sekolah. Mereka dengan senang memberi makan dan minum serta memegang dan mengelus kambing  tersebut.

Kegiatan Kurban di Bumi Benua

Kegiatan Kurban di Bumi Benua

Kelas Bumi Benua juga berkesempatan memasak hari Kamis tanggal 15 September 2016. Adapun masakan yang akan dimasak adalah bola-bola daging. Kegiatan memasak dimulai dari pukul 08-00 sampai 10.00 dan dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang adik. Mereka antusias mengolah bahan-bahan yang telah disediakan. Ketika bola-bola daging selesai digoreng Adik-adik mulai mencicipi bola-bola dagingnya hhmm,, enak,, enak. Senangnya melihat mereka bisa merayakan Kurban bersama dan dapat saling berbagi.

Kegiatan Memasak Bola-bola Daging

Kegiatan Memasak Bola-bola Daging

Selain kegiatan Kurban, Sekolah Tetum Bunaya juga mengadakan kegiatan Olahraga untuk memeriahkan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung, yang dinamakan Pekan Olahraga Tetum Bunaya (POTB). Adapun cabang olahraga yang diperlombakan adalah lari estafet, lari halang rintang, dan bola tangan. Kelas Bumi Benua berkesempatan menjadi Juara 3 untuk lari estafer, juara 2 untuk bola tangan, dan juara 1 untuk lari halang rintang serta mendapatkan kategori kelas terkompak. Mereka dengan senang dan ceria mendapatkan medali dan hadiah.

Juara 3 Lari Estafet

Juara 3 Lari Estafet

Juara 1 Lari Halang Rintang

Juara 1 Lari Halang Rintang

Juara 2 Bola Tangan

Juara 2 Bola Tangan

Untuk kegiatan belajar di kelas Bumi Benua, banyak ilmu yang sudah adik dapatkan. Saat pelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) Adik-adik belajar pengelompokan hewan mulai dari pengelompokan berdasarkan makanannya (herbivora, karnivora, dan omnivora), tempat tinggalnya (darat dan air), penutup tubuh (rambut dan bulu), cara berkembang biak (ovipar, vivipar, dan ovovivipar), dan alat geraknya. Ketika pelajaran Agama, Adik-adik mengenal surat-surat dalam Al Quran dan sifat wajib Allah SWT. Mereka menghafal sifat wajib Allah dengan cara bernyanyi bersama-sama di kelas. Wah senangnya mereka bernyanyi bersama.

Pelajaran IPA

Pelajaran IPA

Kegiatan Agama Menyanyikan Lagu "Sifat Wajib Allah SWT"

Kegiatan Agama Menyanyikan Lagu “Sifat Wajib Allah SWT”

Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Adik-adik membuat karya Koinobori dari karton dan kertas krep. Ada yang tahu tentang Koinobori? Koinobori merupakan karya berbentuk seperti ikan koi yang berasal dari Jepang, karya ini dibuat untuk memperingati Hari Anak khususnya anak laki-laki. Kemudian Adik-adik membuat perahu dari kertas berukuran A3 yang dihias menggunakan origami dan kertas yang masih bisa dipakai seperti majalah bekas atau brosur. Serunya kegiatan SBK kelas Bumi Benua. Untuk Pelajaran Bahasa Indonesia Adik-adik mendengarkan cerita tentang “Batrice’s Goat” di Aula dan menulis tentang keinginan sesuatu dan mengubahnya menjadi warna. Seperti Aku ingin mengubah ketakutan menjadi warna merah agar aku berani.

Membuat Koinobori Bersama Kak Flora

Membuat Koinobori Bersama Kak Flora

Hasil Karya Koinobori Adik-adik

Hasil Karya Koinobori Adik-adik

Hasil Karya Perahu Adik-adik

Hasil Karya Perahu Adik-adik

Saat pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Adik-adik belajar tentang lingkungan buatan dan presentasi tentang menjaga lingkungan. Selain presentasi Adik-adik berkegiatan cerdas cermat bersama Kak Dwi. Cerdas cermat tersebut dibagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok saling mengejar nilai satu sama lainnya. Untuk pelajaran Matematika, Adik-adik belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilanga tiga angka dengan tiga angka, mereka pun sudah mulai terbiasa mengerjakan soal latihan yang cukup banyak. Sedangkan untuk pelajaran Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas Bumi Benua masih mengenal aturan, disini Adik-adik mulai bermain drama dimana ketika drama mereka menerapkan aturan yang telah dipelajari.

Kegiatan IPS "Cerdas Cermat"

Kegiatan IPS “Cerdas Cermat”

Adik Mengerjakan Soal Latihan Matematika

Adik Mengerjakan Soal Latihan Matematika

Pada saat pelajaran Pramuka, Adik-adik berkeliling mencari jejak dan melakukan pemilahan barang bagus. Apa itu barang bagus? Barang bagus merupakan barang bekas yang dapat diubah menjadi karya yang bermanfaat. Barang bagus yang mereka bawa dari rumah, kemudian di Sekolah Adik-adik memilah barang bagus tersebut sesuai warna. Pelajaran Bahasa Inggris, kelas Bumi Benua belajar membuat kamus (Indonesia-Inggris) secara berurutan mulai dari huruf a hingga z. Saat berkegiatan Olahraga, Adik-adik berlari cepat dan bergerak dengan irama ritmik. Sedangkan untuk pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Adik-adik berkegiatan dengan membersihkan dan membereskan kelas serta toilet training.

Kegiatan PLH "Membersihkan Kelas"

Kegiatan PLH “Membersihkan Kelas”

Selain kegiatan belajar mengajar, Kelas Bumi Benua berkesempatan mengadakan syukuran ulang tahun bersama orang tua Adik yang berulang tahun bulan Juli, Agustus, dan September ini. Dengan adanya syukuran ini, diharapkan Adik-adik mengenal sejarah hidupnya dan temannya. Ada yang beda pada tahun ini, biasanya Adik membawa pohon. Nah sekarang setiap Adik yang berulang tahun membawa buku lho. Buku ini akan disumbangkan untuk Perpustakaan Tetum Bunaya yang pastinya sangat bermanfaat bagi kita semua. Wah banyak ya kegiatan seru Bumi Benua bulan September ini.

Syukuran Ulang Tahun Adik Bersama Orang Tua

Syukuran Ulang Tahun Adik Bersama Orang Tua

Semoga di bulan berikutnya Adik-adik Bumi Benua tetap semangat dan siap menghadapi Ulangan Tengah Semester (UTS) pada bulan Oktober.

Ditulis oleh Kak Uchi/Uchi Damaliah

Open chat