Kegiatan membeli hewan kurban

Kegiatan membeli hewan kurban

Bulan September telah dilalui adik-adik dengan tema Pola Hidup Sehat. Tema ini bertujuan mengenalkan tentang kesehatan jasmani dan rohani serta kebersihan lingkungan. Terdapat beberapa kegiatan khusus yang menjadi latar belakang pemilihan tema tersebut seperti hari raya Idul Adha, Pekan Olahraga Nasional dan hari pemeliharaann ozon. Berbagai kegiatan menarik dan pembelajaran secara langsung adik-adik ikuti dengan bersemangat.

Pada hari Jumat, 2 September 2016 adik-adik mengamati keadaan sekitar sekolah setelah malam sebelumnya hujan deras disertai angin yang terjadi di wilayah  sekitar sekolah. Saat tiba adi sekolah adik-adik menceritakan tentang hujan angin “Kak angin kencang tadi malam membuat beberapa pohon tumbang di sekitar rumahku”. Listrik di sekolahpun padam karena ada pohon yang tumbang mengenai kabel listrik, sehingga pompa air tidak berfungsi dan beberapa kelas sedikit gelap dan kegiatan belajar dialihkan ke aula sekolah. Setelah melakukan pengamatan, adik-adik membuat buklet tentang hal-hal yang telah ditemui selam berjalan di sekitar sekolah.

Transaksi hewan kurban

Transaksi hewan kurban

Di awal bulan adik-adik mengikuti rangkaian kegiatan Idul Adha yaitu membeli hewan qurban yang berlokasi di dekat masjid Nurul Iman yang jaraknya sedikit jauh dari sekolah. Adik-adik berjalan kaki bersama dengan kelas Yupiter. Setelah kegiatan jual beli selesai adik-adik kembali ke sekolah dengan membawa pulang dua ekor domba. Kemudian adik-adik melanjutkan kegiatan belajar seperti biasanya. Masih dalam rangkaian kegiatan Idul Adha adik-adik memasak rendang di aula sekolah. Selain mengenal alat dan bahan, adik-adik juga belajar tentang volume dan waktu pada kegiatan memasak ini.

Memasak Rendang

Memasak Rendang

Dalam kegiatan  Agama adik-adik membaca surat Al Qadr bersama-sama dan membaca arti surat tersebut. Setelah adik-adik mengenal arti surat Al Qadr, kegiatan selanjutnya adalah mendengarkan kisah peristiwa hari akhir. Selain itu adik-adik juga dikenalkan dengan nama-nama hari akhir.

Kegiatan agama

Kegiatan agama

Kegiatan Pendidikan Kewarganegaraan pada bulan September melaih adik-adik untuk aktif dan kreatif dalam menyampaikan kampanye pada kegiatan pemilu sebagai Duta Tetum. Adik-adik diajak untuk merasakan secara langsung mulai dari persiapan pemilu, kampanye di kelas Yupiter dan kegiatan pemilihan. Persiapan dilakukan dengan menyiapkan bilik suara dan gambar calon yang dibuat oleh adik-adik yang bertugas sebagai anggota KPU. Adik-adik terlihat bersemangat menyampaikan visi dan misi mereka saat berkampanye, agar terlihat lebih bersemangat ditambahkan pula yel-yel oleh setiap calon Duta Tetum. Terdapat berbagai visi dan misi yang disampaikan seperti pemanfaatan barang di Tetum Mart, menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan kegiatan bersama antar kelas.

Pada kegiatan Bahasa Indonesia adik-adik dikenalkan dengan cara penulisan tugas akhir. Kegiatan dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada adik-adik untuk memilih topik yang diinginkan dapat melipatkan suatu mata pelajaran tertentu seperti IPA, IPS, Bahasa Indonesia atau SBK. Bentuk tulisan adik-adik dapat berupa fiksi, deskripsi maupun pengalaman diri sendiri. Untuk menambah materi adik-adik dalam menulis, adik-adik diajak untuk membaca buku di perpustakaan sebagai bahan referensi.

debit-air

Debit air

Pada kegiatan Matematika adik-adik mengingat kemballi tentang satuan volume dan satuan waktu yang diperlukan dalam kegiatan menghitung debit. Kegiatan mengenal volume dan waktu dilakukan pada kegiatan memasak rendang dengan menghitung volume santan dan waktu yang diperlukan untuk memasak rendang. Dalam kegiatan mengenal debit, adik-adik melakukan kegiatan mengisi botol air mineral dengan berbagai volume dan besar air yang keluar dari kran diatur dan waktu yang diperlukan untuk mengisi air hinggga botol penuh dicacat.

Ipa bunga sepatu

Ipa bunga sepatu

Dalam kegiatan IPA adik-adik dikenalkan dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi pada diri adik-adik saat memasuki usia remaja. Dilanjutkan dengan mengenal perkembangbiakan pada tumbuhan dengan menggunakan bunga sepatu untuk melihat alat reproduksi pada tumbuhan. Adik-adik mengamati secara langsung bagian-bagian bunga dan membandingkan bagian dari bunga sepatu dengan bunga yang lain, seperti bunga terompet dan  bougenvile.

Presentasi Negara ASEAN

Presentasi Negara ASEAN

Kegiatan presentasi IPS diikuti adik-adik dengan antusias. Setiap adik mendapatkan negara ASEAN yang berbeda unntuk dipresentasikan di depan kelas. Media yang digunakan untuk menyampaikan presentasi dapat beragam mulai dari gambar peta negara, makanan khas, bendera, mata uang. Dalam kegiatan presentasi terjadi tanya jawab dan diskusi, adik yang menyampaikan presentasi menjawab pertanyaan temannya.

Pada kegiatan SBK adik-adik mengenal tentang soundtrack pada berbagai film, baik dari dalam maupun di luar negeri. Adik-adik terlihat antusias mempelajari tentang musik pada film dengan bercerita tentang film yang mereka sukai kemudian dibahas bersama di kelas tentang sutradara, tokoh dan soundtrack filmnya.

Dalam kegiatan Olahraga adik-adik melakukan kegiatan atletik seperti lari estafet yang dilakukan di jalan dekat sekolah. Adik-adik mengenal teknik tolak peluru dengan membuat menggunakan bola dari kertas sebagai latihan lemparan. Dilanjutkan dengan kegiatan circuit training yang terdiri dari rangkaian kegiatan kekuatan, daya tahan dan kelincahan. Latihan untuk melatih kekuatan dilakukan dengan push up, sit up, back up, dan angkat beban (mengganggkat ember berisi air). Latihan kelincahan dengan latihan lari bolak-balik dan latihan daya tahan dilakukan dengan lari amplop.

Pada kegiatan Bahasa Inggris adik-adik mengenal tentang comparative dan superlative. Adik-adik membaca cerita bersama-sama dan diminta mencari kalimat comparative dan superlative. Kemudian adik-adik berekspresi dengan membuat cerita dengan menggunakan kalimat comparative dan superlative. Dalam cerita tersebut adik-adik menambahkan gambar ada pula yang membuat bentuk pop up.

Dalam kegiatan PLH adik-adik melakukan kegiatan cara menjaga kebersihan kamar mandi. Adik-adik menyebutkan hal-hal yang dilakukan untuk menjaga kebersihan kamar mandi agar bersih dan nyaman. Selanjutnya adik-adik membuat gambar himbauan untuk menjaga kebersihan secara berkelompok dengan kalimat “ Jangan Mengetuk Pintu Terlalu Keras”, “ Gunakan Air Secukupnya”. Dengan gambar yang menarik adik-adik menjadi lebih bersemangat untuk menjaga kebersihan kamar mandi bersama-sama. Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan ozon pada hari pemeliharaan ozon melalui video, adik-adik mengenal tentang apa itu ozon?, manfaat ozon, penyebab kerusakan ozon dan bagaimana cara merawat ozon.

Pada kegiatan Pramuka adik-adik mengenal kebersihan lingkungan sekolah dengan melakukan kegiatan mencari jejak untuk mengamati jumlah tempat sampah yang tersedia di daerah sekitar sekolah bersama dengan regu masing-masing. Selain itu adik-adik diajak untuk melakukan pemilahan barang bagus yang telah dibawa dari rumah sesuai dengan warna dan jenisnya. Pada bulan ini kelas Saturnus mendapat kesempatan menjadi petugas upacara , adik-adik melakukan tugas dengan semangat.

Pembagian kartu perpustakaan

Pembagian kartu perpustakaan

Adik-adik mendapatkan kartu siswa yang sekaligus dapat digunakan sebagai katu perpustakaan . Pada kartu tersebut terdapat nomor induk siswa disertai dengan barcode dan foto adik. Kartu tersebut dimasukkan kedalam kantung bertali sehingga dapat adik-adik kalungkan dan dibawa pulang setiap hari. Mareka terlihat senang mendapatkan kartu perpustakaan yang dapat mereka gunakan untuk meminjam buku diperpustakaan dengan menggunakan scanner dan adik-adik dapat mencari buku dengan menggunakan sistem OPAC(Online Public Access Catalog) yang dapat memudahkan untuk mencari buku yang diinginkan.

Saturnus di POTB

Saturnus di POTB

Di akhir bulan September adik-adik mengikuti kegiatan Pekan Olahraga Tetum Bunaya yang dilaksanakan pada tanggal 19-22 September 2016. Dengan semangat adik-adik mengikuti setiap kegiatan yang terdiri dari perlombaan lari estafet, lari halang rintang, dan bola tangan. Adik-adik kelas Saturnus berhasil masuk ke dalam babak final pada setiap jenis perlombaan dan mendapatkan juara 1, 2 untuk lomba bola tangan, juara 1 lari halang rintang dan juara 2 lari estafet. Selain itu kelas Saturnus mendapatkan kategori sebagai juara umum. Adik-adik terlihat senang dan bangga dengan hasil yang telah dicapai.

Semoga di bulan selanjutnya adik-adik semakin bersemangat dan percaya diri dalam setiap kegiatan.

 

Ditulis Oleh : Kak Titis/ Titis Nur Widiawati

Open chat