Perjalanan membawa pulang hewan kurban

Perjalanan membawa pulang hewan kurban

Bulan September telah berlalu, Adik-adik melewati bulan September dengan banyak kegiatan seru seperti kegiatan Idul Adha membeli hewan kurban,dan  memasak daging kurban. Kegiatan membeli hewan kurban, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kepada Adik-adik proses jual beli. Adik-adik diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan penjual dan dapat bertanya langsung kepada  penjual. Pada kegiatan tersebut, Adik-adik berjalan kaki menuju tempat penjual hewan kurban. Sesampainya di tempat penjual hewan kurban, Adik-adik melihat beberapa ekor kambing. Selain melihat hewan, Adik-adik dapat bermain serta memberi makan kambing-kambing. Setelah memilih hewan kurban dan melaksanakan akad jual beli, Adik-adik membawa pulang kambing tersebut dengan melewati rute yang sama seperti pada saat berangkat.

Memasak Martabak

Memasak Martabak

Adik-adik juga melakukan kegiatan memasak olahan daging kurban, Adik-adik membuat Martabak isi daging. Mereka mengenal alat dan bahan serta cara memasak Martabak. Mereka antusias dalam mengikuti kegiatan. Pertama Adik-adik dikenalkan dengan bahan-bahan yang digunakan serta dikenalkan pula dengan kandungan apa saja yang terdapat di dalam bahan-bahan yang mereka gunakan. Setelah mereka mengenal bahan, Adik-adik mulai memasak, pertama mereka memotong beberapa bahan seperti daging, daun bawang, bawang bombay. Kemudian Adik-adik berlanjut ke proses selanjutnya yaitu menumis bahan isian. Setelah itu baru Adik-adik memasukan isian ke dalam kulit martabak dan langsung mengoreng martabak tersebut. Akhirnya menu martabak daging pun matang, martabak daging menjadi selingan makanan saat Program Makan Bersama.

Menangkap bola

Menangkap bola

Kegiatan di bulan September lainnya adalah Pekan Olahraga Tetum Bunaya (POTB). Adik-adik sangat antusias dengan kegiatan POTB. Antusias mereka sudah terlihat sejak persiapan pembagian tim dari kelas Yupiter. Semangat dari mereka juga terasa, mereka sudah terlihat siap bertanding antar kelas. Ada tiga cabang perlombaan yang diadakan di POTB yaitu cabang lari estafet, cabang lari halang rintang dan cabang bola tangan.

Lomba halang rintang

Lomba halang rintang

Pekan yang dinanti-nanti pun tiba, selama empat hari pertandingan tersebut Adik-adik dapat belajar banyak hal, seperti sportivitas, kerjasama, berlapang dada serta saling menghormati. Usaha dari Adik-adik membuahkan hasil yang baik, hasil akhir dari POTB kelas Yupiter mendapatkan juara pertama lomba halang rintang, sedangkan untuk lari estafet meraih juara 2 dan 3, pada cabang bola tangan meraih juara 3. Semua adik ikut serta dan berjuang bersama selama POTB.

Untuk hal akademik adik-adik juga sudah aktif belajar, materi dan tugas menjadi rutinitas yang wajib untuk adik-adik Yupiter.  Seperti pada pelajaran Bahasa Indonesia Adik-adik diajak untuk bermain drama dengan tema cerita daerah. Adik-adik membuat naskah kemudian berbagi peran hingga membuat properti untuk mendukung kegiatan pentas drama mereka.

Pelajaran lainnya seperti IPA, Materi selama bulan September mengenai pencernaan. Adik-adik mendapatkan banyak latihan. Latihan IPA dikemas dengan berbagai kegiatan, antara lain permainan hangman maupun Kuis. Aktifitas di rumah juga cukup padat. Namun mereka tetap berusaha mengumpulkan tepat waktu.

Ditulis oleh : Syaiful Romadhon (Kak Syaiful)

Open chat