Semangat belajar Kelas Venus Nova

Semangat belajar Kelas Venus Nova

Pada bulan September adik-adik Kelas Venus Nova dipenuhi dengan beragam kegiatan yang padat dan menyenangkan. Mulai dari kegiatan berkurban, memasak, Pekan Olahraga Tetum Bunaya, dan serangkaian kegiatan pembelajaran yang menjadikan bulan September sebagai bulan yang ceria dengan beragam kegiatan yang menyehatkan bagi jasmani dan rohani mereka.

Adik-adik telah mengikuti serangkaian kegiatan yang membuat mereka lebih mandiri, mensyukuri nikmat yang diberikan Allah, sportif, dan bertanggung jawab atas diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Pada pelajaran agama, adik-adik diajak mensyukuri nikmat yang diberikan ALLah SWT. Mereka diajak berdoa ketika bercermin sebagai wujud mensyukuri nikmat karena diberikan kesempurnaan fisik dan memohon kempurnaan akhlak sebagaimana fisiknya. Adik-adik juga diajak mengenal sifat Ar Rahman dan Ar Rahim dari kisah-kisah 25 nabi bahwa Allah maha pengasih dan maha penyayang.

img_2756

Bercermin mensyukuri nikmat Allah

Saling berbagi diajarkan saat pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Adik-adik diajak saling bergotong royong dan berbagi peralatan yang ada di kelas. Mereka juga melakukan hal seru saat permainan berbagi tempat. Adik-adik dibagi dalam tiga kelompok dengan masing-masing lima orang dalam satu kelompok. Permainan dilakukan di aula dengan lima buah koran yang diibaratkan sebagai pulau di tengah lautan. Mereka terjebak di pulau dan harus melompati lima buah pulau berbeda agar tidak jatuh ke laut. Pulau yang mereka singgahi hanya sebuah pulau kecil yang apabila tidak saling bekerja sama dan berbagi tempat, mereka akan jatuh ke laut dan dianggap kalah dalam permainan. Semua adik sangat gembira bermain sambil belajar saling berbagi satu sama lain.

img_1930

Bekerja sama dalam permainan

Mengenal dokumen pribadi surat kena/tanda lahir dan menceritakan peristiwa penting/berkesan dalam keluarga dilakukan saat pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Rasa percaya diri mereka diasah saat diminta bercerita di depan kelas tentang peristiwa penting/berkersan dalam keluarga,

Pembukaan perpustakaan pada bulan Agustus memberikan kemudahan bagi adik-adik untuk mendapatkan sumber belajar lain selain Kakak di kelas. Pada pelajaran bahasa Indonesia, adik-adik diberikan aktivitas membaca buku di perpustakaan dan menuliskan judul buku yang mereka baca pada sebuah ulat buku yang mereka buat. Semakin banyak buku yang mereka baca, maka akan semakin panjang badan ulat buku yang mereka punya. Adik-adik juga diberikan aktivitas di rumah membaca buku yang dipinjam di perpustakaan sekolah untuk dibaca bersama orang tua di rumah.

img_1166

Membuat ulat buku

Rasa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar terwujud dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam pada materi hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar. Adik-adik diajak mengenal tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar sekolah. Mereka senang menjadi peneliti bagain-bagian utama tumbuhan dan hewan juga pertumbuhan hewan dan tumbuhan. Pada pelajaran IPA adik-adik diminta untuk memelihara seeokor anak ayam untuk diamati pertumbuhannya. Selain mengamati pertumbuhannya, tentunya mereka juga diajak bertanggung jawab untuk merawat dan menjaga kelangsungan hidup hewan yang mereka pelihara. Sekolah juga menyediakan dua ekor anak ayam untuk diamati pertumbuhannya bersama. Hal tersebut karena beberapa orang tua siswa mengajukan keberatan memelihara ayam di rumah sehingga. Mereka sangat gembira ketika melihat anak-anak ayam mencari makan rumput dan serangga di halaman sekolah setalah selesai mengaji.

img_7827

Mengamati anak ayam

Selain mengamati pertumbuhan hewan, mereka juga mengamati pertumbuhan tumbuhan dari biji kacang hijau yang mereka tanam dengan media botol aqua, kapas, dan air. Mereka membuat dua tanaman yang diletakan di tempat berbeda. Satu tanaman diletakan di tempat yang terkena sinar matahari, dan satu tanaman lain diletakan di tempat yang tidak terkena matahari. Setelah satu minggu mereka kembali mengamati perbedaan yang terjadi. Mereka akhirnya tahu bahwa matahari mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan.

img_6942

Mengamati pertumbuhan biji kacang hijau

Pada pelajaran matematika adik-adik telah memasuki materi loncat bilangan dan mengenal bilangan ganjil dan genap dengan media pembelajaran tusuk gigi, kancing, tutup botol dan batu kerikil warna-warni. Saat loncat bilangan, mereka benar-benar melompati bilangan sesuai dengan soal yang diberikan. Mereka melopati ubin-ubin aula yang telah diberi angka sebagai kegiatan kongkret loncat bilangan.

Pada pelajaran SBK adik-adik mengenal Kakak baru yaitu Kak Flora sebagai pengajar SBK menggantikan Kak Wiwik. Sesuai tema belajar bulan ini yaitu aktivitas hidup sehat. Mereka diminta menggambarkan beragam kegiatan dan benda-benda penunjang hidup sehat di atas kertas blushwhite dan diberi warna dengan pensil warna. Ada yang menggambar buah-buahan, sayuran, aktivitas olahraga seperti lari, angkat beban, berenang, bulutangkis, futsal, dan sebagainya. Ada pula yang menggambar tidur siang sebagai cara agar tetap sehat. Pada pertemuan selanjutnya, adik-adik Venus Nova membuat gambar dari media sayuran dan cat air dengan teknik mencap. Selain dengan sayuran, adik-adik juga boleh mencap dengan telapak tangan mereka. Mereka sangat gembira mencap dengan berbagai macam sayur dan buah dengan berbagai warna. Mereka tidak ragu untuk mencapur warna untuk menciptakan warna baru untuk diaplikasikan di kertas gambar mereka.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Menggambar buah dan sayuran

Bulan September bertepatan dengan Pekan Olahraga Nasional ke 19 yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat. Tidak mau ketinggalan, Sekolah Dasar Tetum Bunaya juga melakukan hal serupa dengan nama Pekan Olahraga Tetum Bunaya (POTB). POTB yang dilaksanakan pada 19-23 September 2016 membuka tiga cabang pertandingan yaitu bola tangan, lari estafet, dan lari halang rintang dengan dua kelas berbeda yaitu kelas bawah; merkurius, venus, bumi dan kelas atas; yupiter dan saturnus. Kelas Venus Nova mendapatkan gelar juara pertama pada cabang olahraga lari estafet dan juara ketiga pada cabang olahraga lari halang rintang dan bola tangan. Adik-adik Kelas Venus Nova juga mendapat gelar kelas terfavorit pada ajang POTB kali ini. Adik-adik bersorak gembira saat mendapatkan medali dan hadiah untuk kategori kelas terfavorit.

Venus Nova juara kategori Kelas Terfavorit

Venus Nova juara kategori Kelas Terfavorit

Selain bertepatan dengan PON, bulan September juga bertepatan dengan perayaan Idul Adha. Yang berbeda dengan sekolah lain, Sekolah Tetum Bunaya tidak hanya menerima dan menyalurkan hewan kurban akan tetapi adik-adik yang akan membeli dan menyalurkannya ke masjid terdekat. Mereka belajar memilih hewan kurban yang layak kurban, mereka melakukan sendiri transaksi jual beli hewan kurban, dan mereke membawa dan menyalurkan sendiri pula hewan kurban yang mereka beli.

Masih dalam rangkaian perayaan Idul Adha, adik-adik juga melakukan kegiatan memasak daging hewan kurban di sekolah. Kelas Venus Nova memasak pangsit goreng isi daging untuk menu kali ini. adik-adik merasa senang dapat memasak bersama di sekolah dengan menu yang mereka sukai.

Menggoreng pangsit

Menggoreng pangsit

Kegiatan yang ramah lingkungan juga masih tetap berjalan hingga bulan September. Pada kegiatan pramuka adik-adik diminta mengumpulkan dan membawa barang-barang/wadah bekas makanan yang ada di rumah untuk dikumpulkan di sekolah. Barang-barang yang mereka bawa di sortir untukĀ  dimanfaatkan kembali penggunaannya. Mereka memilah barang-barang bagus sesuai warna untuk ditempatkan di tetum mart.

Adik laki-laki Venus Nova memilih barang bagus

Bekerja sama memilih barang bagus

Kegiatan pada bulan September sangat padat namun sangat menyenangkan. Semoga adik-adik dapat tetap menjaga pola hidup sehat dan kelestarian lingkungan tidak hanya di sekolah, namun juga dilakukan di rumah dan lingkungan sekitar.

 

Ditulis oleh Kak Pipit/Fitri Alawiyah

Open chat