Beef Teriyaki Kelas Merkurius

Beef Teriyaki Kelas Merkurius

Pada bulan September 2016 kelas Merkurius mengambil tema Pola Hidup Sehat sebagai tema belajar dengan subtema Tubuhku. Tema tersebut bertujuan agar adik-adik dapat mengenal bagian-bagian tubuhnya serta bagaimana cara merawatnya, bersyukur atas apa yang dimiliki dan belajar pola hidup sehat.

Alhamdulillah Adik-adik telah melewati kegiatan di bulan September dengan gembira. Banyak kegiatan yang berkesan bagi Adik-adik karena bulan September bertepatan dengan peringatan Hari Raya Idul Adha dan juga  Pekan Olahraga Nasional (PON). Dalam memperingati hari besar tersebut Adik-adik ikut serta memeriahkannya dengan kegiatan membeli hewan kurban dan memasak daging kurban serta terlibat dalam kompetisi Pekan Olahraga Tetum Bunaya (POTB). Dengan ikut serta memperingati hari besar di bulan September adik-adik belajar mengenal hewan kurban dan makanannya, berbagi, kerjasama dan sportifitas dalam kelompok.

Pada awal bulan September Adik-adik berkunjung ke perpustakaan secara bersama-sama karena bertepatan dengan acara pembukaan perpustakaan Tetum Bunaya. Mereka dikenalkan cara mencari buku dengan sistem OPAC (Online Public Access Catalog) yaitu mencari buku secara online, meminjam buku, dan aturan membaca buku di perpustakaan. Adik-adik juga diajak merasakan membaca bersama, setelah membaca buku disimpan di meja sirkulasi. Kak Citra dan Kak Dewi mengajarkan Adik-adik cara mendaftar sebagai anggota perpustakaan dan kartu tersebut dibagikan saat upacara pramuka.

Mengenal sistem OPAC Perpustakaan Tetum Bunaya

Mengenal sistem OPAC Perpustakaan Tetum Bunaya

Pada kegiatan SBK Adik-adik membuat miniatur domba dari barang bagus, dalam kegiatan ini Adik adik sangat senang dan antusias, yang pertama Adik-adik mencetak kepala domba, memberikan kolase bulu bulu pada kepala domba dan menempel miniatur kepala domba di botol air minum yang sudah dikumpulkan, setelah itu Adik adik membuat badan, kaki dan mengkolase badan miniatur domba dengan kapas/dakron. Adik-adik saat membuat miniatur domba melakukan dengan gembira dan senang.

Untuk kegiatan IPS Adik-adik belajar mengenal apa itu hari raya Idul Adha dan hewan yang boleh di kurbankan, Adik adik juga membuat tugas tentang pengalaman hari raya Idul Adha bersama keluarganya. Dalam kegiatan IPS Adik-adik juga di perkenalkan hewan apa saja yang boleh di kurbankan.

Dalam kegiatan IPA Adik-adik belajar mengenal bagian bagian tubuh hewan kurban, Adik-adik disini dapat mengenal bagian tubuh hewan dengan melihat hewan kurban yang ada di sekolah secara langsung, yang kedua Adik-adik belajar mengenal bagian tubuhku dan yang berikutnya  mengenal cara merawat tubuhku.

Pada bulan ini Adik-adik memasak daging teriyaki, mereka mengenal bahan-bahan untuk memasak, tekstur daging, alat-alat yang digunakan dan merasakan aroma yang berasal dari tumisan bumbu daging teriyaki.

Proses memasak Beef Teriyaki

Proses memasak Beef Teriyaki

Setelah memasak mereka mencicipi dan semua suka dengan daging teriyaki yang mereka buat. Kemudian mereka membuat buklet tentang bahan-bahan daging teriyaki.

Mencicipi hasil pasakan bersama

Mencicipi hasil pasakan bersama

 

Ditulis oleh Kak Nita dan Kak Wicak/Akhlisi Niata dan Ary Wicaksono

Open chat