Venus Farra di kejuaraan POTB 2016

Venus Farra di kejuaraan POTB 2016

Pada bulan September ini, alhamdulillah Adik-adik Venus Farra telah melewati beragam kegiatan di sekolah dengan semangat dan menyenangkan. Mulai dari kegiatan berkurban, memasak, Pekan Olahraga Tetum Bunaya dan serangkaian kegiatan pembelajaran.

Bulan September ini Adik-adik sudah terbiasa melakukan kegiatan rutinitas pagi dengan sendirinya seperti shalat dhuha, mengaji dan bersalaman dengan Kakak-kakak dan juga kegiatan tambahan belajar membaca dan menulis. Namun sangat disayangkan masih ada beberapa adik yang tidak mendapat kesempatan  melakukan kegiatan pagi disekolah kerena terlambat datang.

Pukul 07.30 WIB Adik-adik masuk ke kelas, kemudian mulai melakukan kegiatan seperti brain gym, mengabsen teman-teman dan berdoa untuk memulai kegiatan, dipimpin oleh adik yang menjadi pemimpin saat itu, kemudian pemimpin membagi tugas kepada Adik-adik yang piket hari itu yaitu memasang tanggal kalender, event chart dan mengecek absen.

Pada pukul 08.00 Adik-adik mulai melakukan kegiatan sesuai jadwal hari itu. Adik-adik melakukan kegiatan dengan senang dan antusias. Pada pelajaran Bahasa Indonesia Adik-adik terlihat senang dan bersemangat mendengar cerita, membaca buku, membuat karya ulat buku yang membuat Adik-adik lebih semangat untuk membaca buku dan Adik-adik belajar memahami bacaan dengan menjawab pertanyaan dari bacaan yang sudah dibaca.

Bahasa Indonesia membuat ulat buku

Bahasa Indonesia membuat ulat buku

Pada pelajaran SBK di bulan september ini, Adik-adik berkegiatan menggambar  dengan tema pola hidup sehat, Adik-adik mengambar jenis-jenis olahraga yang mereka ketahui, seperti lompat tali, bulu tangkis, tidur teratur, makan dan minuman yang sehat seperti jus buah dan lain-lain. Kemudian kegiatan SBK mencap dengan bahan sayuran dengan wortel dan bahan lainnya. Untuk kegiatan mengambar pola hidup sehat diceritakan di depan teman-teman.

Pada pelajaran olahraga Adik-adik terlihat bersemangat melakukan kegiatan, mulai dari pemanasan jogging berlari diluar lingkungan sekolah sampai pelaksanaan kegiatan, kegiatan olahraga adik-adik belajar melempar bola dengan berpariasi permainan diantaranya bermain lempar bola tangan dengan kelompok dan memasukan bola kegawang lawan.

img_8026

Permainan lempar bola tangan

Pada pelajaran Matematika adik-adik belajar mengenal bilangan ganjil dan genap dan belajar penjumlahan dengan  menggunakan alat peraga seperti tusuk gigi yang sudah disiapkan Kakak, ada yang satuan dan ada yang sudah disatukan menjadi puluhan. Adik-adik berhitung dengan kongkrit.

Menghitung menggunakan tutup botol

Menghitung menggunakan tutup botol

Pada pelajaran Agama di bulan september ini, Adik-adik berkegiatan membeli hewan qurban dan membuat buklet saat membeli hewan qurban, menulis nama dengan huruf hijaiyyah, dan adik-adik diajak mensyukuri nikmat yang Allah berikan, mereka diajak berdoa ketika bercermin sebagai wujud mensyukuri nikamat Allah SWT. Adik-adik juga diajak mengenal  sifat Allah Ar Rahman  dan Ar Rahim dari kisah 25 Nabi.

Pada pelajaran PKN adik-adik diajak saling bergotong royong dan berbagi peralatan yang ada dikelas. Mereka juga melakukan hal seru saat permainan berbagi tempat. Adik-adik dibagi dalam tiga kelompok dengan masing-masing lima orang dalam satu kelompok. Permainan dilakukan di aula dengan lima buah koran yang diibaratkan sebagai pulau ditengah lautan. Mereka terjebak dipulau dan harus melompati lima buah pulau berbeda agar tidak jatuh dilaut.  Pulau yang mereka singgahi hanya sebuah pulau kecil yang apabila tidak saling bekerjasama dan berbagi tempat, mereka akan jatuh ke laut dan dianggap kalah dalam permainan. Semua adik sangat gembira bermain sambil belajar saling berbagi satu sama lain.

img_0615

Bekerja sama dalam permainan

Pada pelajaran IPS adik-adik mengenal dokumen pribadi surat kena/tanda lahir dan menceritakan peristiwa penting/berkesan dalam keluarga dilakukan saat pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Rasa percaya diri mereka dilatih dan dilihat saat diminta bercerita didepan kelas  tentang peristiwa berkesan dalam keluarga.

Pada pelajaran IPA, adik-adik terlihat senang mengikuti kegiatan, kegiatan IPA bulan september ini Adik-adik mengenal bagian tubuh hewan dengan melihat langsung  hewannya kemudian mengambar dan menulis bagian-bagaian tubuh hewan tersebut.

Mengamati pertumbuhan ayam

Mengamati pertumbuhan ayam

Pada kegiatan pengembangan diri bulan ini, Adik-adik belajar mendengarkan sejarah hidup teman-temannya mulai dari saat baru dilahirkan sampai usia saat ini, tentunya dihadiri ayah atau bundanya yang sempat, kegiatan ini menambah silturahim antara orang tua murid, Adik-adik dan kakak.

Di bulan Septem ber ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, Adik-adik Venus Farra berkegiatan membeli hewan qurban yaitu Domba. Adik-adik terlihat bersemangat untuk membeli hewan Qurban. Kemudian adik-adik berjalan dengan tertib ketempat pembelian hewan qurban ditemani kakak-kakak. Setelah membeli hewan qurban domba, kemudian domba tersebut dibawa kesekolah. Setelah itu adik-adik memberi makan hewan qurbannya.

Pada bulan September ini, sekolah Tetum Bunaya mengadakan kegiatan POTB (Pekan olahraga Tetum Bunaya) kegiatan dilaksanakan di mulai pada hari senin tanggal 19 sampai  hari jumat tanggal 23 september 2016.  Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai 09.30. Adik-adik Venus Farra mengikuti kegiatan POTB dengan semangat dan Adik-adik Venus Farra mendapat juara 2 lomba lari Estafet dan Lari Halang Rintang. Alhamdulillah.

 

Ditulis oleh Kak Adnan/Saiful Adnan

Open chat