Sudut Literasi

Sudut Literasi

Salam Literasi, Pasti Bisa!

Pada tanggal 11&13 Oktober,  saya bertugas untuk mengisi kegiatan Sudut Literasi.

Kegiatan yang diadakan sebelum masuk kelas ini menjadi kegiatan baru di Sekolah Tetum Bunaya.

Dan saya berkegiatan untuk menyanyi bersama adik-adik di SD level atas dan bawah.

Saya menyanyikan lagu berjudul Bangun Pemudi Pemuda karya A. Simanjuntak, memilih lagu ini karena bertepatan dengan hari sumpah pemuda di tanggal 28 Oktober, sebagai pengetahuan adik-adik terhadap lagu wajib nasionalisme.

Menyanyi

Menyanyikan lagu Bangun Pemudi Pemuda

Di kelas bawah saya mencontohkan bernyanyi dengan nada yang akan di ikuti adik-adik, melihat respon adik-adik ketika mengikuti irama,lirik dan nada yang saya nyanyikan terlihat rasa keingintahuan mereka terhadap lagu tersebut sangat besar.

Hari kedua untuk kelas atas saya juga menyanyikan lagu yang sama, tetapi untuk di kelas atas saya membuat kegiatan yang sedikit berbeda yaitu menyusun kata dari lagu Bangun Pemudi-Pemuda, sebelum dimulai kegiatan saya menyiapkan perlengkapannya menempelkan kata-kata acak yang nanti akan disusun adik-adik saat berkegiatan.

Di kegiatan ini adik-adik di perlihatkan dulu lirik dan susunan kata-kata yang nanti akan di susun dan di beri waktu selama 5 menit untuk menghafal, setelah itu mereka di bagi kelompok, mencari kata dan menyusun, mereka estafet dan berkomunikasi saling bekerja sama untuk menyusun lagu tersebut. Terlihat sekali bagaimana ekspresi rasa senang mereka dalam kegiatan tersebut, setelah tersusun kita semua baru menyanyikan lagu tersebut dengan rasa senang dan semangat seperti yang terkandung dalam makna lagu bangun pemudi-pemuda.

img_1929

Alhamdulilah, kegiatan sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar, respon adik-adik terkait kegiatan sudut literasi pun juga sangat baik, ada yang bilang menyenangkan, seru dan penasaran dengan kegiatan yang berikutnya.

Ditulis oleh Kak Citra/Agustin Citra Nur Purwanti

Open chat