Kegiatan Bulan Bahasa SD Tetum Bunaya 2016/2017

Kegiatan Bulan Bahasa SD Tetum Bunaya 2016/2017

Pagi itu Rabu tanggal 26 Oktober 2016, terlihat Adik-adik SD Tetum Bunaya duduk berkumpul di halaman Amphitheater. Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan walau sesekali terdengar ada yang berkata “Kak panas …” kemudian adik lainnya berkata “Gak apa-apa, kan sehat ya Kak..”ujarnya menimpali. Ya memang cuaca pagi itu sangat mendukung kegiatan yang diadakan oleh Kakak-Kakak SD Tetum Bunaya. Saat itu Adik-adik memang dipersiapkan untuk mengikuti sebuah kegiatan untuk memeriahkan Bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober. Selain itu juga, ini merupakan exit point dari tema besar kegiatan belajar di bulan ini yaitu Keberagaman Budaya. Kegiatan ini dikemas dengan menampilkan pementasan dari tiap-tiap kelas. Berbagai penampilan dipentaskan di Amphitheater ini, ada yang bernyanyi lagu daerah sambil melakukan permainan, ada yang menyanyikan lagu wajib pilihan, bernyanyi sambil membacakan puisi, dan drama.

Dimulai pukul 07.45 Adik-adik sudah mulai berkumpul dan mencari tempat duduk yang nyaman untuk menunggu giliran pentas sambil menonton penampilan kelas lainnya. Pada kegiatan ini banyak orang tua murid yang datang menghadiri kegiatan untuk sekedar menyaksikan pementasan putra putrinya dan berpartisipasi memeriahkan kegiatan yang berlangsung.

Beberapa orang tua murid SD Tetum Bunaya

Beberapa orang tua murid SD Tetum Bunaya

Kegiatan dibuka dengan Happening Art yang dibawakan beberapa Kakak SD dengan menyanyikan lagu Bangun Pemudi Pemuda dan lagu Tanah Airku membuat para penonton terpana menikmati suara merdu Kakak yang bernyanyi. Riuh ramai tepukan juga diberikan saat akhir Happening Art. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh salah satu Adik dari kelas Bumi.

img_7890

Happening Art

Happening Art

Setelah berdoa dua Adik yang terpilih menjadi MC bersiap memimpin jalannya kegiatan pementasan, dengan penuh semangat MC membacakan susunan acara pada penonton yang hadir dan kemudian dilanjut dengan sambutan Ketua Yayasan yang di wakili oleh Kak Wiwik.

Sambutan

Sambutan

Selanjutnya kegiatan pementasan tiap kelas dimulai. Diawali dengan kelas Merkurius yang membawakan lagu dan permainan “Ampar-Ampar Pisang”. Adik-adik Merkurius terlihat kompak menyanyikan lagunya dan berusaha menampilkan yang terbaik untuk Ayah Bunda yang juga menyaksikan kegiatan tersebut. Keren ya,, mereka dengan percaya diri tampil di depan khlayak ramai dengan sangat semangat.

"Ampar-Ampar Pisang" Kelas Merkurius

“Ampar-Ampar Pisang” Kelas Merkurius

Penampilan ke dua yaitu menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa yang dibawakan oleh kelas Bumi Samudra. Wah ternyata tidak hanya bernyanyi namun di tengah nyanyian ada Adik yang membacakan sebuah karya puisi berjudul “Indonesia” yang ditulisnya sendiri. Sungguh indah kata-kata yang tertuang dalam puisi itu, di dalamnya tercermin sebuah rasa bangga menjadi bagian dari Negara Indonesia. Sepenggal baitnya berbunyi:

Satu nusaku, satu bangsaku, satu bahasaku

Semua lautku membiru , berkat karunia-Mu

Indonesiaku berani, Indonesiaku suci, Indonesiaku satu

Kelas Bumi Samudra

Kelas Bumi Samudra 2016/2017

Penampilan selanjutnya dibawakan oleh kelas Venus yang juga menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dengan membacakan puisi yang berbeda. Sepenggal baitnya yaitu:

Indonesia, Kau tempat dimana aku lahir

Kau tempat dimana aku dibesarkan

Indonesia, kau adalah Negeri yang paling banyak

memiliki laut-laut yang indah

Terima kasih Indonesia

Kelas Venus 2016/2017

Kelas Venus 2016/2017

Selain kelas Venus dan Bumi Samudra, ada juga Kelas Bumi Benua yang sama-sama menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Akan tetapi kelas ini tidak hanya menyanyikan lagu tersebut, mereka membawakan lagu dan permainan daerah yaitu Cublak-Cublak Suweng. Ini menandakan bahwa Indonesia meskipun memiliki banyak keragaman budaya namun tetap menjadi satu.

"Cublak-Cublak Suweng" Kelas Bumi Benua

“Cublak-Cublak Suweng” Kelas Bumi Benua

Tidak kalah seru dengan keempat penampilan di atas. Kelas Mars juga menyanyikan lagu Tanah Airku serta membacakan sebuah puisi indah. Kompak sekali mereka saat menyanyikan lagu tersebut sehingga setiap syair dalam lagu dapat mewakili kebanggakan mereka pada Indonesia yang akan selalu menjadi nomer satu bagi mereka.

Kelas Mars 2016/2017

Kelas Mars 2016/2017

Selanjutnya Kelas Yupiter dengan antusias menampilkan sebuah drama yang diangkat dari cerita daerah Bali yaitu tentang Kebo Iwa. Adik-adik Yupiter memainkan lakon dengan penuh semangat. Semuanya menampilkan totalitasnya dalam drama tersebut.

Kebo Iwa dan Gajah Mada

Kebo Iwa dan Gajah Mada

Kelas yang terakhir tampil adalah kelas Saturnus. Kelas ini menampilkan sebuah drama musikal. Hebat sekali mereka membuat konsep dengan menyambungkan beberapa cerita dan mencari lagu yang sesuai dengan setiap cerita.

Drama musikal Kelas Saturnus

Drama musikal Kelas Saturnus

Setelah semua kelas tampil, kegiatan Bulan Bahasa ditutup dengan pembagian piagam sebagai ucapan terima kasih bagi adik-adik yang sudah mendonasikan buku untuk pengembangan perputakaan sekolah. Kakak-kakak bagian perpustakaan memanggil dan memberikan piagam tersebut dan MC pun menutup acara hari ini.

Pemberian tanda terima kasih dari Perpustakaan Sekolah Tetum Bunaya

Pemberian tanda terima kasih dari Perpustakaan Sekolah

img_7988

Waaaah seru sekali ya kegiatan hari ini, mereka semua merupakan generasi muda Indonesia yang patut dibanggakan. Hidup Indonesia, kami bangga menjadi putra putri Indonesia!

 

Ditulis oleh Kak Indri/Indriani

 

Open chat