Drama Kebo Iwa dari Bali

Drama Kebo Iwa dari Bali

Pada bulan Oktober kelas Yupiter mengambil tema besar Keberagaman Budaya dengan subtema Bulan Bahasa. Tema tersebut memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa. Tujuan tema tersebut diharapkan Adik-adik dapat mendalami semangat sumpah pemuda serta Adik-adik dapat bangga dengan Budaya Indonesia.

Banyak kegiatan yang dilakukan selama bulan Oktober, salah satunya adalah bermain drama pada pelajaran Bahasa Indonesia. Adik-adik menikmati bermain drama. Cerita yang dibawakan bersumber dari berbagai cerita daerah di Indonesia, seperti cerita “Kebo Iwa” dari Bali, cerita “Danau Toba” dari Sumatra Utara, cerita “Caadara” dari Papua Barat, dan cerita “To Dilaling” dari Sulawesi Barat.

Membuat properti drama

Membuat properti drama

Selain bermain drama di kelas, Adik-adik Yupiter membawakan drama saat acara Bulan Bahasa yang dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2016. Cerita yang di pilih adalah cerita “Kebo Iwa” dari Bali. Semua adik-adik ambil peran dalam drama tersebut. Adik-adik juga menyiapkan pementasan dengan baik, mereka menyiapkan mulai dari naskah dan membuat properti.

Pentas drama di Bulan Bahasa.

Pentas drama di Bulan Bahasa.

Selain drama, Adik-adik juga berkegiatan bernyanyi saat pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Lagu yang dinyanyikan merupakan lagu daerah Bali yang berjudul “Jangi Janger”. Lagu berikutnya yang dinyanyikan adalah lagu “Jali-Jali” lagu ini merupakan lagu daerah yang berasal dari Jakarta. Adik-adik antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan SBK

Latihan musik

Pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Adik-adik dikenalkan dengan peraturan tingkat pusat. Adik-adik mengenal peraturan mengenai pendidikan, pajak, lalu lintas hingga peraturan mengenai korupsi. Adik-adik diajak untuk meningkatkan kesadaran terhadap betapa pentingnya suatu peraturan mulai dari menaati peraturan yang ada di dalam kelas.

Selain itu pada bulan Oktober ini, Adik-adik belajar Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ). Adik-adik mengenal permainan tradisional dari Jakarta yaitu permainan Bentengan. Tidak hanya bermain, mereka mengenal peraturan dalam bermain Bentengan. Mereka juga dapat mengambil manfaat dari nilai-nilai yang terkadung dalam permainan Bentengan, seperti nilai-nilai kejujuran, lapang dada, dan toleransi terhadap teman.

Acara pembukaan

Workshop Batik

Pada bulan Oktober bertepatan pula dengan hari Batik Nasional. Adik-adik mengikuti kegiatan workshop bersama komunitas Redaya batik yang meneliti tentang batik Rembang dan batik Toraja. Adik-adik diajak untuk mengenal ragam batik di Nusantara, teknik pembuatan batik serta perawatan batik. Semoga dengan mengikuti semua kegiatan tersebut, Adik-adik dapat lebih mengenal dan semakin bangga terhadap budaya Indonesia.

Suasana UTS di Kelas Yupiter

Suasana UTS di Kelas Yupiter

Di penghujung Bulan Oktober, Adik-adik juga mengikuti kegitan Ulangan Tengah Semester (UTS). Selama mengikuti UTS Adik-adik tetap fokus, serta mereka mempersiapkan UTS tersebut secara matang, sehingga UTS di bulan Oktober dapat berjalan dengan lancar.

Oleh : Syaiful Romadhon (Kak Syaiful

Open chat