Seminar Hari Batik

Seminar Hari Batik

Bulan Oktober di kelas Saturnus terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan. Pada hari Senin, 3 Oktober 2016, adik-adik memakai pakaian batik untuk memperingati Hari Batik yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Selain memakai pakaian bati, adik-adik juga mengikuti kegiatan seminar tentang batik yang bertema “Batik Kebanggaanku” yang dibawakan oleh peneliti dari komunitas Redaya Batik. Dalam seminar tersebut adik-adik mengenal lebih dekat tentang motif batik di Indonesia, cara membedakan jenis batik, teknik pembuatan batik dan cara perawatan batik.

Ulangan Tengah Semester

Ulangan Tengah Semester

Pada minggu kedua adik-adik mengikuti kegiatan Ulangan Tengah Semester I yang dilakukan selama satu minggu. Adik-adik mempersiapkan diri dengan belajar dan membaca lesson sheet yang telah dibeikan. Terdapat dua jenis ulangan yang diikuti oleh adik-adik, yaitu ulangan tertulis dan ulangan praktik. Pelajaran yang menggunakan ulangan tertulis adalah Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Dan Bahasa Inggris. Ulangan praktik yang dilakukan untuk pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Bentuk soal tertulis terdiri dari soal pilihan ganda, isian dan esay. Adik-adik duduk sesuai absen dan posisi meja diatur sesuai dengan susunan saat ujian nasional. Penulisan nama juga dilatih untuk menuliskan nama panjang agar terbiasa saat menuliskan pada lembar jawaban saat mengikuti ujian. Jadwal ulangan sesuai dengan jadwal pelajaran, sehingga tidak berpengaruh terhadap jadwal pulang sekolah.

Kegiatan ulangan praktik pada pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan adalah menceritakan tentang film favorit. Hal yang diceritakan meliputi nama pemain, sutradara, cerita sngkat film dan tidak lupa soudntrack film juga dinyanyikan sambil diiringi dengan alunan keyboard. Pada kegiatan belajar adik-adik dikenalkan dengan cara merekam suara yang diawali dengan menyaksikan video kemudian adik-adik memilih lagu yang telah disepakati satu kelas dan melakukan latihan rekaman.

Adik-adik mengikuti kegiatan menimbang berat badan, mengukur tinggi badan serta lingkar kepala untuk data pembahasan laporan perkembangan. Setelah kegiatan Ulangan Tengah Semester selesai, kegiatan belajar kembali seperti biasanya. Adik-adik mulai belajar materi baru untuk setiap mata pelajaran.

IPA mengamati ekosistem

IPA mengamati ekosistem

Kegiatan IPA belajar tentang ekosistem, adik-adik mengamati lingkungan sekolah mulai dari lapangan basket, bukit dan kali. Mereka melihat ekosistem yang terjadi pada tempat tersebut dan menggambarkan hubungan yang terjadi antara komponen biotik dan abiotik. Selanjutnya adik-adik mempresentasikan hasil pengamatannya.

Dalam kegiatan Bahasa Indonesia mulai dikenalkan dengan penulisan tugas akhir, pada awalnya adik-adik menuliskan cerita pada kertas. Selanjutnya mereka mengetik dengan menggunakan laptop, kegiatan ini dilakukan di aula.  Pada kegiatan PKn adik-adik mengikuti kegiatan Pemilu dengan melakukan kampanye dan memilih calon Duta Tetum. Setelah itu adik-adik juga membuat kamus untuk menuliskan kata yang belum diketahui maknanya dan dicari bersama-sama saat belajar tentang Pemilu dan Pilkada.

Kegiatan pemilu

Kegiatan pemilu

Setelah mid semester I, terdapat kegiatan belajar Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ). Pada kegiatan pertama adalah bercerita  tentang tempat pariwisata di Jakarta yang pernah dikunjungi oleh adik-adik. Mereka terlihat antusias saat bergantian menyampaikan ceritanya.

Sudut membaca

Sudut membaca

Kegiatan di pagi hari adik-adik mengikuti kegiatan sudut membaca yang dilakukan di aula sekolah. Kegiatan ini dilakukan satu minggu sekali, kegiatan yang dilakukan bervariasi mulai dari mendongeng, mencicipi rasa, dan mendengarkan suara alat musik.

Penampilan kegiatan Bulan Bahasa

Penampilan kegiatan Bulan Bahasa

Pada tanggal 26 Oktober dilakukan kegiatan puncak untuk memeriahkan tema yang diambil pada bulan Oktober, yaiu Bulan Bahasa. Adik-adik Saturnus mendapat kesempatan tampil terakhir dengan menampilkan drama musikal dengan menyanyikan beberapa lagu daerah. Kegiatan dilakukan di amphiteater mulai pukul 08.00 – 09.15, yaitu pada kegiatan Pramuka. Beberapa orang tua juga turut menyaksikan penampilan adik-adik. Mereka masih terlihat malu-malu saat menyanyikan lagu dan melakukan dialog.

Ditulis Oleh : Kak Titis

Open chat