Tryout

Tryout

Adik-adik kelas Saturnus mengikuti kegiatan dengan bersemangat pada bulan kedua di semester II ini. Pada bulan Februari kelas Saturnus mengambil tema “Siap Melangkah ke Depan” tujuan tema ini adalah  untuk mempersiapkan  Adik-adik mengikuti tahapan  kelulusan.

Pada pelajaran Agama Adik-adik mengenal Qada dan Qadar, Adik-adik dapat membedakan takdir yang dapat diubah dan yang tidak dapat diubah. Materi ini mengajarkan Adik-adik untuk terus bersyukur dan berusaha untuk mencapai cita-citanya. Kemudian Adik-adik menuliskan rencana 10 tahun kedepan yang ingin dicapai.

PKN_Globalisasi

Pada pelajaran PKn Adik-adik mengingat kembali  materi globalisasi yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya. Adik-adik membuat hasil karya secara berkelompok tentang produk dari suatu negara yang mereka pilih untuk dipresentasikan di depan kelas. Setiap kelompok membuat produk yang berbeda, ada yang membuat telepon genggam, trem dan speaker. Setelah selesai Adik-adik mempresentasikan kelebihan barang yang mereka produksi agar negara lain (kelompok lain) ingin membelinya.

Pada pelajaran Bahasa Indonesia Adik-adik membuat ringkasan cerita dari artikel koran. Adik-adik juga mengingat kembali tentang makna tersirat dari artikel yang telah dibaca. Kegiatan selanjutnya adalah coaching tentang “Aku dan Media Sosial”  bersama Kak Endah. Kegiatan ini  bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunakaan media sosial dan pengaruhnya terhadap pertemanan di kelas. Adik-adik membuat buklet yang berisi tentang dirinya dan media sosial yang digunakan.

Di pelajaran Matematika Adik-adik belajar tentang titik koordinat, pengukuran dan latihan-latihan soal. Juga pembahasan soal agar Adik-adik bisa mengerjakan berbagai macam soal. Pendalaman materi tentang pengukuran, yaitu mengingat kembali tentang materi kelas empat.

IPA Tata Surya

IPA Tata Surya

Pada pelajaran IPA,  Adik-adik mengenal tata surya beserta dengan planet-planetnya. Adik-adik menuliskan hal yang mereka ketahui mengenai matahari pada papan tulis untuk mengawali kegiatan diskusi. Selanjutnya Adik-adik memilih satu planet dan mencari informasi mengenai planet tersebut untuk dipresentasikan di depan kelas.

Dalam kegiatan IPS, Adik-adik mengenal cara saat terjadi bencana alam. Adik-adik mengikuti simulasi bencana di dalam kelas, mereka bersembunyi di bawah meja dan menutup kepala dengan tas untuk melindungi bagian kepala saat terjadi runtuhan bangunan. Selanjutnya Adik-adik juga mengenal tentang globalisasi dalam bidang ekonomi, secara berkelompok Adik-adik berdiskusi dan menuliskan pengaruh dari globalisasi.

Olahraga

Olahraga

Kegiatan Olahraga Adik-adik belajar bekerja sama dalam permainan bola kecil dan bola besar. Adik-adik di bagi 2 kelompok dan Adik-adik mengoper bola tersebut kepada teman satu kelompoknya dengan berbagai teknik. Dalam permainan tersebut Adik-adik menunjukkan kerja sama untuk menyelesaikan melempar bola dalam waktu yang lebih cepat.

Pada pelajaran SBK Adik- adik mengenal ragam hias, kegiatan pertama adalah membuat pola bebas di kertas A3 dan diwarnai menggunakan pensil warna. Setelah itu Adik-adik menggambar ragam hias bertema flora di atas paper bag, kedua sisi digambar dengan ragam hias.

Perkawinan Adat Betawi

Perkawinan Adat Betawi

Pada pelajaran PLBJ  Adik-adik belajar  tentang perkawinan adat Betawi. Adik-adik menunjukkan  keingintahuan yang tinggi tentang perkawinan menggunakan  budaya Betawi. Diawali dengan kegiatan mengenal tahapan perkawinan adat Betawi dan berdiskusi bersama, selanjutnya Adik-adik membuat gambar pengantin Betawi secara berkelompok. Adik-adik juga menyampaikan cerita yang telah mereka ketahui dari Ayah/Bundanya.

Dalam pelajaran Bahasa Inggris, Adik-adik belajar tentang direction. Kegiatan dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 2 orang menggunakan  gambar denah, secara bergantian Adik-adik memberikan penjelasan tentang letak suatu tempat kepada temannya. Adik-adik berlajar menulis surat kepada teman dan membuat pidato untuk persiapan ujian Pratik.

Membuat tandu

Membuat tandu

Kegiatan Pramuka diawali dengan mengingat kembali kunci sandi semaphore,kegiatan dilakukan bersama dengan regu penggalang kelas lain. Setiap kelas mewakilkan satu orang buntuk mencoba memperagakan sandi semaphore di depan teman-temannya. Selanjutnya Adik-adik mempelajari simpul pangkal yang digunakan untuk mendirikan tongkat dan membuat tandu.

Menyampul meja

Menyampul meja

Pada kegiatan PLH Adik-adik terlihat antusias saat menyampul meja. Adik-adik dibagi kelompok dan setiap kelompok terdiri dari dua adik, sehingga dapat bekerjasama dalam menyampul meja. Dimulai dengan membersihkan meja dengan menggunakan cairan pembersih  dan menyikat meja, setelah meja bersih baru Adik-adik memasang sampul mejanya. Tidak lupa juga Adik-adik memberi label nama pada meja yang telah disampulnya.  Kelompok yang telah selesai lebih dahulu bersemangat membantu kelompok lain yang belum selesai.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Berkunjung ke perpustakaan

Adik-adik mengikuti kegiatan kunjungan ke perpustakaan pada hari Jumat, 10 Februari 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca adik dan memperingati Hari Pers pada bulan Februari ini. Adik-adik diharapkan lebih sering berkunjung ke perpustakaan untuk mendapatkan pengetahuan yang baru melalui kegiatan membaca.

Pada minggu ketiga Adik-adik mengikuti Try Out kelas yang kedua. Adik-adik terlihat lebih tenang selama mengerjakan soal dalam waktu 120 menit, saat sudah selesai tetap menunggu di tempat duduknya masing-masing. Pada Try Out kedua ini beberapa adik mengikuti Try Out susulan karena sakit

 

Semoga Adik-adik terus bersemangat dan percaya diri dalam mengikuti  kegiatan.

 

Oleh : Kak Titis

Open chat