Ekspresiku

Ekspresiku

Pada bulan Februari, kelas Bumi mengambil tema Ekspresi sebagai tema belajar dengan subtema Ekspresi Demokrasi. Pemilihan tema dan subtema tersebut bertepatan dengan berlangsungnya Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). Saat berlangsungnya Pilkada  diharapkan Adik-adik dapat menghargai demokrasi dengan mengungkapkan pendapat.

Alhamdulillah Adik-adik telah melewati kegiatan di bulan Februari dengan senang dan gembira. Dalam kegiatan Imu Pengetahuan Alam, Adik-adik belajar gerak dan energi. Adik adik mengenal berbagai macam gerak seperti gerak memantul, gerak menggelinding, gerak jatuh, gerak mengalir, dan gerak berputar. Untuk energi Adik-adik mengenal energi gerak, energi panas, energi bunyi, dan energi cahaya. Mereka belajar membuat kincir angin dari kertas origami dan tusuk sate. Di sini Adik adik belajar energi gerak dari kincir angin yang di buat, Adik adik sangat senang saat kincir angin di pasang di luar kelas melihat kincir angin bergerak terkena angin.

Mengamati Gerak Benda

Mengamati Gerak Benda

Pada kegiatan Olahraga Adik-adik belajar gerak dasar menekuk lutut, melempar bola kesasaran. Selain bergerak, kelas Bumi juga belajar membuat miniatur lapangan, ada yang membuat lapangan bulu tangkis, lapangan bola basket, dan lapangan tenis meja, Adik-adik sangat semangat membuat miniatur dari barang bagus yang ada di Tetum Mart.

Membuat Lapangan Olahraga

Membuat Lapangan Olahraga

Kegiatan Seni Budaya dan Keterampilan, Adik adik banyak mengenal lagu Nasional seperti Syukur, Mengheningkan cipta, Hymne Guru, Indonesia Raya, Ibu pertiwi, Indonesia pusaka, Bagimu Negeri dll. Mereka antusias untuk mengikuti alunan musik dari Kakak sampai minta untuk diulang kembali. Selain menyanyikan lagu Adik-adik juga diperkenalkan dengan pencipta lagunya.

Menyanyikan Lagu Nasional

Menyanyikan Lagu Nasional

Pada saat Matematika, Adik-adik mengenal satuan panjang dan satuan berat. Sebelumnya Adik-adik diperkenalkan terlebih dahulu dengan alat ukur panjang dan berat. Mereka diajak langsung mengukur panjang benda yang ada di kelas dengan menggunakan penggaris. Kemudian dilanjutkan dengan membuat anak tangga satuan panjang dengan menggunakan barang bagus dari Tetum Mart. Ketika pengenalan satuan berat, Adik-adik diajak membuat jus alpukat bersama. Mereka mulai dengan menimbang bahan-bahan yang dibutuhkan dan mengukur seberapa banyak air yang dibutuhkan. Wah, enak.. enak.. Mereka sangat menikmati jus alpukatnya.

Membuat Jus Alpukat

Membuat Jus Alpukat

Kegiatan Bahasa Indonesia, Adik-adik diperkenalkan dengan buku bacaan fiksi yang ada di perpustakaan sekolah. Mereka memilih sendiri bukunya dan membaca buku tersebut selama 15 menit. Kemudian Adik-adik menuliskan kembali ceritanya dan menentukan tokoh, latar, dan memberi tanggapan pada cerita tersebut.

Membaca Buku Fiksi

Membaca Buku Fiksi

Ketika kegiatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Adik-adik diajak berkegiatan bermain ular tangga sambil belajar tentang semangat bekerja dan uang. Saat dadu tersebut dikocok dan tepat menempati kotak yang berisi tentang pertanyaan, Adik harus menjawab, jika salah Ia mundur sebanyak angka dadu yang muncul. Wah seru-seru ya kegiatan kelas Bumi.

Bermain Ular Tangga

Bermain Ular Tangga

Kegiatan Pendidikan dan Kewarganegaraan juga seru loh, Adik-adik membuat poster tentang diriku. Di dalam poster tersebut terdapat 25 hal tentang tubuhku, 25 hal sifatku, 25 hal harapanku, dan 25 hal temanku. Sehingga di poster mencakup 100 hal tentang diriku.

Poster 100 Hal Tentang Diriku

Poster 100 Hal Tentang Diriku

Itulah cerita kegiatan kelas Bumi selama bulan Februari 2017. Semoga Adik-adik selalu bersemangat dan ceria mengikuti setiap kegiatan yang ada di Sekolah Tetum Bunaya.

Ditulis oleh Uchi Damaliah (Kak Uchi) dan Ary Wicaksono (Kak Wicak)

Open chat