Nomor : YDB/6/III/2020
Hal        : Persiapan Tugas di Rumah

Kepada,
Yth. Orang Tua Murid
Sekolah Tetum Bunaya
di Tempat

Sehubungan dengan kegiatan belajar di rumah tanggal 16-20 Maret 2020, saya ingin mengajak Ayah Bunda untuk melakukan persiapan agar diperoleh hasil yang optimal, dan perilaku Adik tetap terjaga:

  1. Pra-kegiatan
    Kepada Adik-Adik mohon sampaikan bahwa mereka tidak libur, tetapi belajar di rumah. Bangun pagi tetap seperti pada hari sekolah. Membersihkan tempat tidur untuk SD menjadi kewajiban yang harus dilaporkan dan menjadi penilaian.
  2. Waktu
    Sesuai hari sekolah, Adik bangun pagi, mandi, sarapan, dan menunggu Kakak mengirim informasi kegiatan pada pukul 08.00 WIB melalui grup WA berlaku untuk Kelas Darat-Yupiter. Kelas Saturnus menjalani ujian praktik tanggal 16-19 Maret 2020.
  3. Sebelum Kegiatan
    Adik-Adik tetap melakukan kegiatan salat duha untuk SD, Brain Gym (minum air putih, sakelar otak, gerakan silang, dan kait rileks), dan dilanjutkan dengan doa.

    Brain Gym (PACE)

  4. Pakaian
    Berpakaian rapi, baik seragam maupun pakaian rumah.
  5. Perlengkapan
    Ruang belajar/berkegiatan tanpa gangguan televisi ataupun HP. Kegiatan menulis dilakukan di meja dalam posisi duduk.
  6. Lama belajar
    Satu kegiatan berdurasi kurang lebih satu jam. Beri jeda dengan snack time, berjalan-jalan, atau bermain selama 15 menit. Lalu kembali ke kegiatan lagi. 
    Banyaknya kegiatan sesuai kelas dan tujuan belajar.
  7. Program Makan Siang
    Setelah melakukan kegiatan belajar di rumah, Adik-Adik makan siang di meja makan. Kemudian membawa piring ke dapur dan membuang sisa makanan ke tempat sampah organik.
  8. Pendampingan
    Tergantung pada usia dan kebutuhan individu, mungkin ada Adik perlu pendampingan penuh, mungkin tidak.
    Bila Adik masih perlu pendampingan penuh untuk melaksanakan kegiatan (misalnya, KB, TK, SD Level Bawah), sementara Ayah/Bunda bekerja, mohon berkoordinasi dengan orang rumah agar kegiatan tetap dapat terlaksana.
  9. Pelaporan
    Apabila telah selesai, laporkan hasil kegiatan melalui Google Forrm. Kami tunggu selambat-lambatnya pukul 23.59 WIB di hari yang sama. 

Atas perhatian dan kerja sama Ayah Bunda, saya ucapkan terima kasih.

Endah Widyawati

Koordinator Kepala Sekolah, KB-TK-SD Tetum Bunaya

Open chat