Pada hari Minggu 5 April 2020 pukul 9-10.30 dilakukan Temu Online Ayah Bunda Kelompok Bermain sebagai pengganti kegiatan orientasi tatap muka. Tema yang dibahas adalah merancang kegiatan makan batita,  Karena Adik-Adik Kelompok Bermain sebagian besar berada diusia Batita. Ayah Bunda merasa kesulitan dalam memberikan asupan nutrisi yang tepat karena Anak-Anak menolak variasi makanan yang telah mereka sajikan ataupun untuk dapat duduk di meja makan.

  1. Kenapa dengan cara temu online melalui aplikasi Zoom?
  • Karena situasi yang tidak memugkinkan untuk bertemu secara fisik, dengan adanya Pandemi Covid 19

Untuk itu kami memakai aplikasi zoom  agar kegiatan ini tetap berjalan

 

  1. Pemateri:
  2. Kak Endah Widyawati : Di Balik Gagasan Program Makan Bersama
  3. Sri Ratna Sugiarti dan Asenih Arsyad : Temuan-Temuan dalam penerapan Program Makan Bersama di KB
  4. Husnul Khotimah : Penyiapan masakan yang menarik untuk Batita

 

  1. Audiens yang hadir :

Kelas Laut                                                                   Kelas Darat

  1. Mamaw Kaia Mama dan Ayah Atthar
  2. Mama Nafisa Ibu Nauli
  3. Mama Arung Ibu Darma
  4. Mama dan Papa Rasheed                                    Mama Vano
  5. Mama Boy Mama Prisha
  6. Bunda Fatih
  7. Ibu Zaza
  8. Mama Sierra
  9. Bunda Esha

 

  1. Materi

Kak Ratna dan kak Aas : memaparkan temuan yang di dapat saat Adik berkegiatan Makan Bersama di sekolah.  Adik-adik berlatih kemandirian  dengan mengambil celemek sendiri, memakai dan menyimpan kembali. Mereka berlatih  antre bersabar menunggu giliran saat mencuci tangan juga saat mengambil makanan . kemudian mereka mengambil alas makan, sendok garpu, gelas dan piring berisi makanan. Tahap ini mengembangkan kemampuan motorik halus mereka.

Ada beberapa menu yang amat di sukai Adik-Adik yaitu, sayur bayam, ayam goreng tepung, tempe kecap, bakso, spagheti dan sup. Menu yang kurang diminati Adik-Adik diantaranya,  makanan yang kering dan  berbumbu. Namun demikian Adik-Adik tetap harus mencoba meskipun sedikit.

Bagaimana upaya kakak? Memotivasi Adik-Adik tak henti dan menemani Adik saat makan, Kakak juga membuat program makan sayur dan buah, membacakan buku tentang sayur dan buah, mengajak Adik untuk masak sayur secara bersama-sama, melibatkan Adik untuk memetik sayur bayam kemudian setelah matang Kakak mengajak Adik-Adik untuk makan sayur bersama-sama.

Kegiatan Makan Bersama ini adalah suatu proses pembelajaran, bagaimana Adik belajar untuk bersyukur atas makanan yang telah tersedia, berlatih bertanggung jawab dan mengenal tata cara makan dan aturan.

Pemaparan Kak Endah, pencetus program makan bersama, program  ini  dimulai sejak tahun 2009. Dalam Program Makan Bersama  banyak pembelajaran yang di dapat.  Rasa percaya diri, mengembangkan motorik saat memegang sendok garpu, gelas, dan piring menggunakan tiga jari untuk persiapan pra menulis, mengenal berbagai tekstur dan rasa makanan, dan bertanggung jawab Adik dilatih untuk bertanggung jawab saat mengambil makanan secukupnya dan menyimpan kembali piring kotor di tempat yang sudah disediakan.  Penyusunan menu makan Adik disesuaikan selera Adik dan masukan dari kakak-kakak kelas.

Pemaparan Bu Inul, memberikan tips-tips agar adik mau makan.

  1. Suasana saat makan
  2. Adik-adik dilibatkan saat membersihkan dan menyimpan sayuran
  3. Adik di libatkan saat proses pembuatan makanan
  4. Komunikasikan dengan Adik tentang menu makanan yang akan di masak

Kemudian Bu inul memberikan resep ayam goreng tepung ala bu inul yang Adik-Adik suka. Dan memberikan contoh menu selama 7 hari.

 

  1. Pertanyaan:
  2. Mamah Athar : bagaimana cara mengajak Athar untuk mengambil makanan sendiri karna ketika di sekolah disediakan meja kecil untuk mengambil makanan bagaimana solusinya kak ?
  3. Mamah Rasheed : seberapa jauh kita harus mengikuti tradisi kegiatan saat makan di sekolah. Karna rasheed di rumah tidak berjalan membawa piring dari satu meja ke meja lainnya ?
  4. Bunda Fatih : Fatih lebih suka dengan makanan yang kering dan tidak mau makanan yang berkuah bagaimana solusinya ?
  5. Meh arung : saat makan meh memotivasi arung dengan mengadakan kompetisi bersama abang dan meh juga menjelaskan tentang kandungan dari makanan tersebut, untuk jangka panjang apakah ini merupakan hal yang negatif ?
  6. Ibu Darma : Bagaimana ya kak solusinya karna Saat di rumah Darma susah sekali untuk makan, tetapi ketika mengambil makanan sendiri Darma senang sedangkan ketika di sekolah ia mau makan

 

  1. Kesimpulan

Dari kegiatan Temu Online ini dapat disimpulkan bahwa :

  • Orang tua mendapatkan informasi tentang temuan-temuan dalam penerapan program makan Bersama di kelas yang dijelaskan oleh Kak Ratna dan Kak Aas.
  • Orang tua mendapatkan penjelasan tentang gagasan Program Makan Bersama yang dipresentasikan oleh Kak Endah.
  • Orang tua mendapatkan tips supaya anak suka makan dan memberikan menu untuk 1 minggu serta resep memasak ayam goreng tepung yang di jelaskan oleh Ibu Inul.
  • Orang tua cukup aktif dalam berdiskusi di temu online ini, ada yang memberikan komentar, ada yang sharing tentang kegiatan makan di rumah dan ada juga yang bertanya.
  • Orang tua cukup senang dalam mengikuti Temu Online ini.
  • Orang tua mengusulkan diagendakan Zoom untuk anak-anak.

 

Open chat