Pada hari Jumat, 9 Juli 2020,  Kak Endah memberi informasi tetang pelatihan Membaca Nyaring. Kak Dewi dan Kak Ami semangat  untuk memilih pelatihan yang akan diikuti dari banyak pilihan pelatihan yang diberikan. Penyelenggara kegiatan ini adalah Komunitas Read Aloud Indonesia’s dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional.

Alhamdulillah kesempatan pun datang, ada yang berbeda dari webinar ini. Setiap peserta harus membuat tugas sesuai topik yang dipilihnya. Saya memilih topik 2 dengan Tema” Mari Bicara tentang Buku” tugasnya mengupload tugas review buku yang dibaca melalui IG. Baiklah, tugas pun terselesaikan.

Istilah Membaca Nyaring sudah sering mendengar dengan tokoh penggagasnya Ibu Roosie Setiawan, tapi kalau ikut pelatihannya belum pernah. Nah, ketika ada informasi dari Kak Endah, Flyer Klnik Membacakan Nyaring. Tentu saja Kak Dewi tak melewatkan dan akan dipantau terus informasi dari Read aloud Yuk.

Yang membuat istimewa , topik 2 ini  dengan nara sumber Founder Yayasan Litara Ibu Sofie Dewayani yang juga penulis buku Anak. Juga didampingi oleh Kak Yuanita aktivis read aloud. Sudah pasti seru jika disampaikan oleh pakarnya.

Sabtu, 18 Juli 2020 mulai pukul 10.00 melalui zoom topik 2 klinik membaca nyaring dimuali. Dalam webinar ini, dibahas 6 tahap membaca literasi dini usia 0-12 bulan. Juga dijelaskan perejnjangan buku mulai dari usia 0 – 3 tahun, bayi-balita (Buku alternatif: buku kain, buku taktil, buku high contras), usia 3-6 tahun,PAUD-TK (Buku bergambar,buku alternatif), usia 6 – 9 tahun, SD kelas rendah (Buku bergambar, buku teks sederhana), usia 9 – 12 tahun , SD kelas atas (Buku dengan sedikit ilustrasi,buku pengetahuan, komik, buku cerita beralur sederhana), usia 12-15 tahun , SMP (Buku dengan bab,novel, komik remaja), usia 15 – 18 tahun, SMA (Semua jenis buku),  + 18 tahun (semua jenis buku)

Selain ilmu yang didapat, kami juga saling sharing peserta dengan Ibu Sofie Dewayani, Ibu Roosie Setiawan dan Kak Yuanita. Seakan tak habis bahan diskusi, sampai terlewat 30 menit,hingga waktu jua yang mengakhiri pertemua online ini. Semoga wawasan ini memberikan manfaat untuk saya dan untuk diaplikasikan ke perpustakaan sekolah Tetum Bunaya.

Kak Ami juga mengikuti pelatihan Membaca Nyaring. Topik yang diikuti yaitu Hal yang Perlu Dilakukan saat Membaca Nyaring.

Open chat