Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah atau biasa disingkat dengan BIAS kembali dilaksanakan di tahun 2020. Dimulai pada bulan September yang dilaksanakan di RW sesuai tempat tinggal dan di Puskesmas Jagakarsa.

Kegiatan BIAS kembali dilaksanakan di awal bulan November ini, tepatnya pada hari Jumat, 6 November 2020.  Sekolah Dasar Tetum Bunaya bersama dengan Puskesmas  Kecamatan Jagakarsa melaksanakan kegiatan BIAS di RPTRA Gemilang Cipedak dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kegiatan imunisasi ini dilaksanakan pukul 08.30-12.00. Panitia dari RPTRA Gemilang telah menyiapkan tempat, menyusun peralatan, kursi dan meja untuk kegiatan BIAS. Sebelum memasuki aula RPTRA, Adik-Adik serta Ayah Bunda dipersilakan mencuci tangan atau memakai hand sanitizer terlebih dahulu. Tentunya wajib memakai masker. Setelah membersihkan tangan, Adik-Adik didampingi orang tua mengisi daftar hadir

Pada imunisasi kali ini, ada lima petugas yang bertugas. Dua petugas imunisasi, dua petugas skrining kesehatan, dan satu petugas pemberian obat cacing. Petugas dari RPTRA juga membantu dengan melakukan pengaturan jarak tempat duduk sejauh 1-2 meter selama menunggu kegiatan.

Sebelum memulai kegiatan imunisasi, petugas menjelaskan vaksin yang akan digunakan. Sasaran peserta yang mengikuti BIAS adalah Adik kelas Merkurius, Venus, Yupiter dan Saturnus. 

Adik kelas Merkurius diberikan imunisasi Dt (Difteri Tetanus) dan MR (Measles Rubella). Adik Venus diberikan imunisasi Td (Tetanus difteri). Adik kelas Yupiter diberikan imunisasi Td untuk Adik laki-laki sedangkan Adik perempuan mendapatkan dua imunisasi, yaitu  Td dan HPV. Kemudian Adik perempuan kelas Saturnus  mendapatkan imunisasi HPV.

Setelah selesai kegiatan imunisasi, Adik-Adik melakukan skrining kesehatan bersama petugas. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan mulut, telinga, mata, pengukuran tinggi badan, dan juga pengukuran berat badan. 

Pemberian obat cacing bagi Adik dari kelas Merkurius hingga Saturnus dilakukan bersama dengan Ibu Santy selaku petugas. 

Alhamdulillah, sebanyak 41 Adik hadir dan mengikuti kegiatan imunisasi, pemeriksaan kesehatan, dan mendapatkan obat cacing. Terima kasih atas kerja sama dan partisipasi Ayah Bunda dalam pelaksanaan kegiatan BIAS di masa pandemi ini. 

Ditulis oleh : Sari Zakiah (Kak Sari)

Open chat